Program ODF, Upaya Menyadarkan Masyarakat Tidak BAB Sembarangan

0 60

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Kelurahan Sukamaju Kidul melakukan sosialisasi program ODF (Open Defecation Free) atau desa bebas buang air besar sembarang kepada masyarakat dengan tema “Budayakan buang air besar di WC, lingkungan bersih, keluarga sehat“.

Program tersebut dilaunching secara langsung oleh Walikota Tasikmalaya Budi Budiman. Sebagai simbolis para camat dikukuhkan dihadapan tamu undangan untuk segera merealisasikan ODF di wilayahnya masing-masing.

Lurah Sukamaju Kidul H Deden Wahyu SIP,mengatakan, pemahamanan masyarakat mengenai sanitasi belum dipahami secara utuh.

“Sosialisasi diisi dengan pemberian materi dari dinas kesehatan yang menyampaikan tentang ODF dan pentingnya buang air besar di jamban,” paparnya.

Rencana pelaksanaan kegiataan sosialisasi tersebut, karena adanya dukungan dari perangkat yang membantu dalam penuntasan masalah ODF dan masyarakat sangat mendukung.

“Kami akan mendukung dan membantu pelaksanaan program pemerintah dalam mewujudkan desa bebas dari buang air besar sembarang dan kami berterima kasih pada peserta Pemerintah karena telah memfasilitasi desa dalam mendukung program desa ODF,” ujar H Dede, salasatu Ketua Forum RT/RW Kelurahan Sukamaju Kidul, Senin (24/06/2019).

Namun menurutnya, ada beberapa kendala. Selain rumah berdekatan, setiap rumah pun memiliki sumur.

“Kalau dibuatkan septic tank khawatir akan mencemari sumur warga. Selain itu lahan yang di hibahkan juga belum ada,” ujarnya.

Saat ini, ujar Dia, pihak kelurahan sedang mendata pemetaan, untuk merubah pola pikir nanti ada tim dan satgas yang akan melakukan sosilisasi ke masyarakat. (AAF/WP03)

(Visited 50 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.