Inilah Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Ciamis

0 4.092

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Bicara soal keindahan alam memang tak pernah ada habisnya. Kali ini Warta Priangan akan mengajak untuk menjelajahi pesona wisata Kabupaten Ciamis di Jawa Barat.

Nah, ketika ke Ciamis, inilah destinasi yang patut dan wajib dinikmati pesonanya.

1. Cadas Ngampar, Wisata Alam Eksotis Nan Ekonomis.

Tempat ini menjadi destinasi wisata yang belum lama di Ciamis. Cadas ngampar merupakan sungai yang bersih, penuh bebatuan besar dan asyik untuk basah-basahan. Wisata Cadas Ngampar terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

Cadas ngampar menjadi spot favorit untuk mengisi liburan dan munggahan menjelang bulan suci Ramadhan.

Dari waktu ke waktu wisata cadas ngampar memiliki perkembangan yang pesat. Tempat wisata ini diresmikan tahun 2018. Tiket masuknya cukup murah Rp 3.000,- saja belum termasuk wahana river tubing. Di kawasan ini juga terdapat kolam renang di samping sungai dan aneka kuliner di sepanjang gerbang masuk.

2. Ciung Wanara, Situs Peninggalan Kerajaan Galuh

Terbentuknya daerah Ciamis tidak lepas dari sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi cikal bakal daerah ini. Untuk itu tidak heran jika di kabupaten ini banyak ditemukan situs peninggalan dari zaman kerajaan tersebut. Salah satu yang wajib traveler kunjungi adalah Situs Karangmulyan atau disebut juga dengan Ciung Wanara.

Ciung Wanara merupakan sebuah situs purbakala dan juga arkeologi yang terletak di desa Karangmulyan, kecamatan Cijeungjing, kabupaten Ciamis. Situs yang bercorak Hindu-Budha ini adalah peninggalan dari Kerajaan Galuh. Sangat mudah untuk menjangkau kawasan wisata seluas 25 hektar ini karena posisinya berada di jalan nasional Ciamis-Banjar-Pangandaran atau berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Banjar ke arah selatan.

Selain melihat banyak sekali situs peninggalan Kerajaan Galuh, traveler yang berkunjung juga menyempatkan diri untuk berfoto di depan Gong Perdamaian.

3. Situ Lengkong Panjalu, Perpaduan Antara Rekreasi dan Wisata Budaya

Situ Lengkong Panjalu, sebuah destinasi yang menggabungkan antara rekreasi dan wisata budaya. Dikatakan demikian karena traveler yang datang ke danau ini akan disuguhi dengan pemandangan indah situ yang punya pulau di tengahnya bernama Nusa Larang.

Wisata budaya yang bisa ditemukan traveler di Situ Lengkong adalah adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu yang menjadi cikal bakal kawasan tersebut. Di pulau tengah danau ini juga terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora.

Di tempat ini pula pada saat-saat tertentu diadakan semacam upacara adat bernama Nyangku dimana pada saat itu benda-benda pusaka akan dibersihkan melalui upacara adat. Situ Lengkong sendiri berada di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

4. Curug Tujuh Cibolang, Wisata Alam Untuk Menenangkan Pikiran

Air terjun di kampung Nanggela Desa Sandingtaman Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis ini bernama Curug Cibolang. Namun obyek wisata alam ini juga memiliki julukan lain sebagai Curug Tujuh yang kemudian membuat banyak traveler lebih suka menyebutnya sebagai Curug Tujuh Cibolang.

Penamaan ini tidak lepas dari jumlah terjunan air yang jumlahnya tujuh dan berada saling berdekatan.

Curug Tujuh Cibolang berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah utara dan 5 kilometer dari pusat kota kecamatan Panjalu.

Ketujuh terjunan air di curug ini pun memiliki namanya masing-masing antara lain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Inilah destinasi yang pas untuk traveler kunjungi jika merindukan suasana tenang dengan udara pegunungan yang sejuk.

5. Mengunjungi Kampung Kuta di Luar Pulau Bali

Mendengar nama Kuta pikiran kita pasti langsung tertuju pada pantai yang ada di Pulau Bali. Tapi Kuta yang satu ini letaknya di Pulau Jawa lebih tepatnya berada di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Tempat ini wajib ada dalam daftar kunjunganmu saat liburan di Ciamis sebab di sinilah traveler akan menemukan kehidupan masyarakat yang masih menjunjung tinggi kearifan lokal dan budaya nenek moyang. Bagi sobat traveler yang penat dengan hiruk piruk perkotaan, di sinilah tempat yang cocok untuk merefresh pikiran.

Dikenal sebagai Kampung Adat Kuta, dimana masyarakatnya memegang teguh budaya tabu terhadap sesuatu yang baru. Salah satu yang paling menonjol adalah mereka sangat getol dalam melestarikan hutan dan mempertahankan kelestarian mata air serta pohon aren sebagai sumber kehidupan.

Meskipun demikian warga di kampung adat ini cukup terbuka dengan kunjungan wisatawan. Mereka yang berkunjung akan ditawari menginap dan membaur dengan masyarakat lokal serta mengikuti segala kegiatan yang dilakukan.

Itulah destinasi wisata di kabupaten Ciamis yang wajib sobat traveler kunjungi. Destinasi wisata tersebut bisa dijadikan tempat untuk merefresh pikiran dan bersua foto untuk update di social media.

Penulis : Enday Suhendar (Citizen Journalism)

(Visited 3.888 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.