Tim Arkeolog Jawa Barat Gali Kembali Situs Candi Ronggeng di Pamarican

0 603

wartapriangan.com BERITA CIAMIS. Tim penelitian dari Badan Arkeologi Jawa Barat  kembali meneliti di Situs Candi Ronggeng yang berada Dusun Kedung Bangkong, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat  yang sebelumnya pernah dilakukan oleh para tim peneliti dari Badan Arkeologi pada Tahun 1983 dan tahun 2016.

Candi Ronggeng  merupakan peninggalan masa Hindu Budha yang dibangun sekitar abad ke tujuh sampai abad ke 16 M yang sekarang di duga berada di atas tanah milik warga dengan luas sekitar 700 m2. Penelitian Candi Ronggeng ini dilakukan oleh para tim ahli dari Badan Arkeologi Jawa Barat dan telah dilakukan beberapa kali pada tahun 1983, tahun 2016. d

Maksud dilaksanakan penelitian kali ini untuk mengetahui secara detail sejarah Candi Ronggeng dari mulai bentuk, tata letak bangunan candi.

Koordinator Tim Peneliti dari Badan Arkeologi Jawa Barat Endang Widiastuti saat ditemui di sekitar penggalian situs Candi Ronggeng mengatakan,” Saat ini kita sedang fokus pada penelitian Candi Ronggeng dari mulai kedalaman, bentuk dan polanya, lingkungan sekitar, serta sejarahnya, karena sejauh ini belum diketahui secara pasti mengenai candi ini.”

“Penelitian kali ini merupakan penelitian lanjutan,” tambahnya.

Masih menurut Endang,” Pada Tahun 2016 lalu kita pernah melakukan penelitian ditempat ini dan sekarang kita lanjutkan sejak tanggal 18 Juni 2019 sampai tanggal 28 Juni 2019 dengan jumlah petugas sebanyak tujuh orang,” ujarnya Jum’at (21/06/2019).

Lanjut Endang,“ Candi Ronggeng ini bentuknya mungkin tidak akan sama dengan bentuk-bentukcandi yang diwilayah Jawa Tengah, dan Jawa Timur, seperti halnya Candi Prambanan, Candi Mendut, Candi Borobudur.”

Masih menurut Endang,” Bentuk Candi yang ada diwilayah Jawa Barat, biasanya bentuk bangunannya berupa bangunan suci seperti bagian teras umpak (patilasan) dan berbeda dengan bentuk candi yang ada di Pulau Jawa.”

Ditemui secara terpisah Kepala Desa Sukajaya Herdis mengungkapkan,” Bahwa dirinya atas nama Pemerintah Desa Sukajaya menyabut baik dan mendukung akan dilakukannya kegiatan penelitian Candi Ronggeng tersebut. Pasalnya Situs Candi Ronggeng ini, merupakan satu-satunya peninggalan sejarah pada masa Hindu Budha, diwilayah Kecamatan Pamarican ini.”

“Setelah dilakukan penelitian ini saya berharap pada Pemerintah Kabupaten Ciamis, melalui Dinas terkait,  untuk bisa mengembangkan menjadi tempat wisata bersejarah dan dapat membebaskan lahan ini untuk dijadikan sebagai lahan aset Pemerintah Kabupaten Ciamis, sebagai Situs Cagar Budaya,” pungkasnya. (BE/WP03).

(Visited 455 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.