Harga Anjlok, Petani Cengkeh di Ciamis Menjerit

0 138

wartapriangan.com. BERITA CIAMIS. Sejumlah petani cengkeh di Kabupaten Ciamis mengeluhkan murahnya harga cengkeh, seperti para petani  di Kecamatan Banjaranyar banyak para petani  mengeluhkan turunnya harga buah cengkeh pada musim panen tahun ini. 

Pada musim panen tahun lalu harga buah cengkeh mencapai Rp.30.000 per kilogramnya, namun pada musim panen  tahun ini harga anjlok menjadi Rp.18.000 per kilogramnya

Menurut Dede Hendra (40) petani asal Desa Cikaso Kecamatan Banjaranyar di temui wartapriangan, Kamis(20/06/2019) mengatakan, sebenarnya pada musim panen kali ini, buah cengkeh sangat melimpah. Namun sayang tidak sebanding dengan harga jual di pasaran.

“Harganya anjlok padahal panen melimpah. Tentu hal ini sangat merugikan petani,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan H.Wawan selaku pengepul cengkeh di Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar. Dia mengatakan, tidak mengetahui pasti, penyebab anjloknya harga cengkeh.

?Untuk musim panen sekarang saya  menampung cengkeh dari  petani dengan harga Rp.17.500 sampai Rp 18.000 per kilogramnya sedangkan tahun kemarin beli dari petani seharga Rp.26.000 per kilogramnya,” ungkap Wawan.

Wawan juga berharap pemerintah segera menstabilkan harga. Karena jika hal ini dibiarkan akan banyak petani yang merugi. (RK/WP03).

(Visited 76 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.