SD Negeri 1 Margaharja di Ciamis Budayakan Siswa Hapal Al Qur’an

0 519

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Untuk mensukseskan program Wajib Belajar Pendidikan Dasar dan mencerdaskan anak bangsa di bidang pendidikan formal maupun non pormal, SD Negeri 1 Margaharja di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menerapkan sistem pembelajaran hapalan ayat suci Al Qur’an dan shalat duha berjamaah setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Kepala Sekolah Totong, S.Pd, mengatakan, penerapan sistem pembelajaran tersebut ternyata mendapat apresiasi berbagai pihak, termasuk orang tua siswa.

“Para orang tua siswa, mengapresiasi atas program yang diterapkan oleh pihak sekolah, karena setiap siswa yang keluar dari sekolah ini mampu hapal Surat Yasin tanpa membacanya,” ungkap Totong, Rabu (19/6/2019)

Selaku Kepala Sekolah, Totong mengaku bangga atas keberhasilan sistem pembelajar yang diterapkan oleh pihak sekolah.

Di era globalisasi, pihaknya merasa prihatin banyak siswa yang keluar dari sekolah dasar masih belum dapat membaca ayat Suci Al Qur’an.

Totong menambahkan, selain program yang sehari-hari dilaksanakan, sebelum kegiatan belajar mengajar, setiap siswa di wajibkan shalat duha berjama’ah.

“Kemudian saat siswa masuk kelas dan sebelum belajar setiap siswa diberikan hapalan surat pendek. Sedikitnya dua ayat setiap hari disesuaikan dengan kelasnya masing masing,” paparnya.

Bahkan, kata Totong, untuk kelas enam setiap siswa yang akan mengambil raport, harus membaca surat yasin tanpa melihat teksnya.

“Alhamdulillah semua siswa sudah mampu membaca Surat Yasin dengan baik dan benar,” pungkasnya. (KUS/WP03).

(Visited 502 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.