Begini Keseruan Kusir Delman, Jadi Joki di Arena Pacuan Kuda di Tasikmalaya

0 113

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Jika kusir delman mengendalikan kuda di atas delman di jalan raya, bukanlah hal baru. Namun jika mereka memacu kudanya di lintasan pacu tentu jadi pemandangan berbeda.

Seperti di Kota Tasikmalaya, belasan kuda penarik delman diadu cepat dengan kusir sebagai Jokinya, di Lapangan Pacuan Kuda Cilembang, Kota Tasikmalaya, Minggu (16/06/2019).

Para joki ini tampak kesulitan karena kuda yang biasanya digunakan untuk menarik delman dijadikan untuk balapan.

Dalam balapan tersebut beberapa peserta tidak mau lari, bahkan ada yang bersengolan dengan peserta lainya hingga mengundang gelak tawa para penonton.

Beberapa peserta bahkan ada yang menerebos ke luar lintasan karena tak bisa mengendalikan kudanya.

Kegiatan balapan kuda tradisional ini digelar dalam rangka Cilembang Cup, untuk mensosiliasikan balap kuda di Kota Tasikmalaya yang selama ini jarang ditonton warga masayarakat.

Menurut Ketua Pelaksana Deni Mardiana untuk kusir delman sendiri, ada dua kelas. Setiap kelas diikuti enam ekor kuda. Para peserta harus menempuh jarak kurang lebih 800 meter sebanyak dua putaran.

“Mereka, sehari-hari bekerja sebagai Tukang Delman yang biasa mangkal di Kota Tasikmalaya,” paparnya.

Salaseorang peserta Dadang, Warga Gatut, mengaku cukup kesulitan memacu kudanya karena tak bisa dikendalikan hingga hampir jatuh. Namun, dia merasa senang dengan digelarnya lomba balapan kuda tradisonal ini.

“Tadi kita sedikit kesulitan karena tempatnya kurang besar. Dari garut sendiri banyak yang berminat. Ada sekita tujuh mobil,” kata Dadang.

Sementara Ketua Paguyuban Kusir Delman Tasikmalaya, Elang mengatakan, para peserta sangat senang dengan adanya balap kuda ini karena bisa menghibur warga kota tasikmalaya.

“Ya sangat senang dapat menghibur warga. Kami berharap kegiatan seperti berkelanjutan. Sebab selain para kusir dapat menujukan keterampilannya, juga menaikan harga kudanya,” kata Elang. (AAF/WP03)

(Total dibaca 97 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan