Sebanyak 9 Desa di Langkaplancar, Ingin Mekar Jadi Kecamatan

0 311

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN.  Sebanyak sembilan desa di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, mendeklarasikan diri, untuk mendukung pemekaran dan menjadi kecamatan terpisah.

Tokoh Pemuda Kecamatan Langkaplancar Muhtadin mengatakan, sembilan desa yang menginginkan pemekaran diantaranya Bungurraya, Bojong, Jadikarya, Bangunkarya, Jadimulya, Sukamulya, Cisarua, Karangkamiri dan Cimanggu.

“Semuanya masuk ke Langkaplancar bagian timur. Wilayah tersebut akses menuju pusat pemerintahannya terlalu jauh,” kata Muhtadin, Kamis (13/6/2016) lalu.

Saat ini, ujar Muhtadin, pusat Pemerintahan Langkaplancar sendiri berada di Bangunjaya dan letaknya jauh dengan ke sembilan desa tersebut.

“Akibatnya masyarakat yang akan mengurus segala sesuatu ke kecamatan, dipastikan harus menempuh waktu yang lama,” jelasnya.

Bahkan, kata dia, justru lebih dekat ke pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran. ”Makanya wajar masyarakat dari sembilan desa menginginkan pemekaran,” ucapnya.

Wacana pemekaran ini, lanjut Muhtadin, memang sudah lama digaungkan oleh masyarakat. Bahkan sempat dibentuk Forum Pemekaran Kecamatan.

”Kami akan mengonsultasikan kembali dengan pemerintah daerah mengenai keinginan tersebut. Sebab untuk mewujudkan pemekaran itu tidak begitu saja terjadi, tentu ada mekanisme dan aturannya,” pungkasnya. (IM/WP01)

(Total dibaca 272 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan