300 Hektar Lahan Pertanian Di Kabupaten Ciamis Terancam Gagal Tanam

0 79

wartapriangn.com, BERITA CIAMIS. Sudah hampir dua bulan tidak di guyur hujan sekitar 300 hektar areal pesawahan di wilayah Desa Sidaharja, Desa Sukamukti dan Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, Jawa Barat  terancam gagal tanam. Hal ini dikarenakan kurangnya pasokan air ke area  pesawahan.

Pantauan di lapangan tanaman padi yang sudah ditanam sudah mulai layu sedangkan luas areal pesawahan yang belum di olah masih luas, mesin traktorpun banyak yang ditinggal di area pesawahan tidak bisa melanjutkan proses pengolahan tanah di sebabkan kurang pasokan air.

Areal pesawahan di tiga desa tersebut kering kerontang dan mengaga sekitar lima centimeter.

Menurut Alfian salah seorang petani setempat mengatakan,” Kondisi  disebabkan oleh minimnya pasokan air irigasi ke areal pesawahan di wilayah kami”.

“ Kami sudah berusaha dengan menggunakan pompa air dengan mengambil air dari salah satu sungai di bawah area pesawahan kami tapi masih kurang memadai karena kapasitas mesin kurang maksimal, “ tambahnya.

Lanjut Alfian“ Masyarakat khawatir, areal pesawahan seluas 300 hektar akan terancam gagal tanam sehingga petani di tiga desa akan mengalami kerugian ratusan juta rupiah”.

“ Situasi seperti ini  terjadi hampir setiap taun para petani kahwatir jika permasalahan ini tidak segera ditangani akan mengalami gagal tanam sedangkan mereka menggantungkan hidupnya di bidang pertanian khususnya tanaman padi,

” Para petani berharap pemerintah turun tangan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para petani dan di harapkan pemerintah segera turun langsung ke lapangan,”pungkasnya. ( DAK/WP03 ).

(Total dibaca 74 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan