Pantai Pangandaran Kondusif Pasca Diguncang Gempa Cilacap

0 1.080

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Gempa berkekuatan 5,7 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,5 SR, mengguncang wilayah Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019) pada pukul 16.32 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena menyampaikan guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Pangandaran, Cilacap, Ciamis, Kebumen dalam skala intensitas III MMI dan Bandung dalam skala intensitas II MMI.

Namun Dirinya memastikan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

“Hingga saat ini tidak ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” jelasnya.

Menyikapi kejadian tersebut, kata Nana, BPBD Kabupaten Pangandaran langsung melakukan koordinasi dengan Relawan Penanggulangan Bencana, penggiat wisata, TNI, POLRI dan masyarakat.

“Berdasarkan hal tersebut kami sampaikan bahwa kondisi wilayah Kabupaten Pangandaran pada umumnya kondisi kegiatan sosial, ekonomi dan keamanan berjalan lancar.

“Seluruh obyek wisata di wilayah pantai tidak ada masalah dan masih ramai dikunjungi wisatawan,” tegasnya.

Pihaknya menghimbau, kepada warga masyarakat dan wisatawan supaya tetap tenang dan beraktivitas sebagaimana biasa dan tidak usah khawatir.

“Bagi yang sudah mempunyai jadwal tujuan wisata ke Pangandaran, jangan sampai menunda apalagi sampai membatalkan rencana wisata. Pangandaran aman untuk berlibur,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Marini (35) pedagang yang di Pantai Barat Pangandaran menyampaikan, saat gempa memang sedikit ada kepanikan dari wisatawan yang sedang beraktivitas di pantai.

Namun kata Dia, setelah ada informasi gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, kondisi kembali normal.

“Kondisi saat ini kembali normal, wisatawan bahkan sudah kembali ke pantai menikmati keindahan matahari tenggelam,” terangnya. (IM/WP01)

(Visited 970 times, 3 visits today)

Leave A Reply

Your email address will not be published.