Jumlah Kendaraan Arus Mudik di Banjar Naik 20 Persen

0 36

wartapriangan.com, BERITA BANJAR. Jumlah kendaraan di jalur mudik Kota Banjar, Jawa Barat menuju Propinsi Jawa Tengah mengalami peningkatan hingga 20 persen. Untuk kendaraan roda dua yang melintas pada H-7 mencapai 3.880 kendaraan.

Angka tersebut berdasarkan hasil pemantauan di Pos PAM Terpadu Polres Banjar, Dishub Kota Banjar, Dinkes Kota Banjar, dan BPBD Kota Banjar, yang berlokasi di Eks. RM Ma Onah, Cipadung, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

“Volume kendaraan dari arah Barat (Ciamis) menuju Selatan (Jawa Tengah) terus mengalami peningkatan. Pada H-7 ini, meningkat sekitar 20 persen dibanding hari- sebelumnya,” ungkap Kapolres Banjar, AKBP. Yuliana Perdana, S. I. K., Kamis (30/05/2019).

Pemudik yang melintas di Jalur Nasional Kota Banjar ini, didominasi oleh pengguna kendaraan sepeda motor. Lalu disusul dengan kendaraan pribadi, dan angkutan umum.

“Dari data yang kami peroleh, dari H-7 sampai H-6 ini volume kendaraan mulai meningkat pada malam dan pagi sampai siang. Berdasarkan pantauan kami, kendaraan roda dua, atau pengguna sepeda motor masih tetap mendominasi,” jelasnya

Menurut Kapolres, pemudik yang melintas di Jalur National Kota Banjar ini tujuannya ke daerah- daerah di Propinsi Jawa Tengah. Mereka berasal dari Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi, Sukabumi, Tanggerang, dan kota-kota besar lainnya. Sebab untuk tujuan ke wilayah Propinsi Jawa Timur, biasanya pemudik menggunakan Jalur Nasional Utara Jawa (Pantura).

Kapolres berpesan, bagi para pemudik yang masuk wilayah Hukum Polres Banjar, sebaiknya manfaatkan untuk beristirahat sejenak. Manfaatkan beberapa rest area istirahat, seperti Banjar Atas (BA), SPBU Parungsari, SPBU Cijolang, Kantor Polisi, dan Pos PAM yang ada disepanjang Jalur Mudik yang ada diwilayah Kota Banjar.

“Terutama pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor), kami himbau setiap dua jam sekali harus istirahat. Setelah kondisi pulih baru melanjutkan perjalanan, supaya selamat sampai tujuan tempat dimana pemudik berasal,” tegasnya. (BE/WP03)

(Visited 33 times, 1 visits today)

Leave A Reply

Your email address will not be published.