Kapolres Banjar Ingatkan Ancaman Pecurian Saat Rumah Ditinggal Mudik

0 51

wartapriangan.com, BERITA BANJAR. Libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, sudah di depan mata. Momen ini tentunya dimanfaatkan sebagian warga masyarakat diwilayah Kota Banjar, untuk mudik ke kampung halamannya. Namun perlu diwaspadai ancaman pencurian di rumah saat ditinggal penghuninya.

Kapolres Banjar, AKBP. Yuliana Perdana, S.I.K., Rabu (29/05/2019), mengatakan bahwa pada saat momentum Hari Raya Idul Fitri atau yang kita kenal dengan istilah Lebaran, rumah milik warga masyarakat banyak yang kosong ditinggal penghuninya untuk mudik ke kampung halamannya.

Tentunya, kata Kapolres, rumah akan ditinggal selama beberapa hari oleh para pemiliknya, sehingga sangat rawan sekali menjadi sasaran aksi pencurian.

“Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat diwilayah Kota Banjar, untuk selalu menjaga barang berharganya, seperti kendaraan bermotor, jangan diparkirkan sembarangan, dan selalu di kunci ganda,” ujarnya

Jika biasanya meletakkan kendaraan motor di garasi terbuka, ujar Kapolres, lebih baik sekarang dimasukkan di dalam rumah. Lalu mengamankan barang berharga pada tempat yang dirasa aman.

“Jangan meninggalkan barang berharga di tempat yang mudah terlihat. Simpan di tempat yang tidak mudah ditemukan oleh orang lain,” imbuhnya

Lalu jangan lupa saat meninggalkan rumah dalam kondisi kosong, seluruh pintu, atau pagar terkunci dengan rapat. Dan jangan lupa mengecek kondisi listrik.

“Setiap pintu harus dicek sudahkah terkunci belum. Pastikan kondisi rumah saat ditinggalkan lampu satu malam hari dibisakan selalu menyala,” jelasnya

Selain itu, tambahnya, jika akan meninggalkan rumah, jangan lupa untuk menitipkannya kepada tetangga, Ketua RT setempat, serta menyampaikan kepada Polri atau Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang ada diwilayah tersebut. Agar nantinya petugas dapat patroli melalukan penjagaan. (BE/WP03)

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave A Reply

Your email address will not be published.