Ini Dugaan Pemicu Rumah Warga di Ciamis Kebakaran

99

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Sebuah bangunan rumah milik Kusnadi (58), warga Dusun Cisaar RT.02 RW. 01, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis terbakar. Akibat peristiwa kebakaran yang terjadi Kamis, (10/01/2019), sekitar pukul 10.00 WIB itu, sejumlah barang berharga, dan keperluan pangan ludes.

Informasi dari Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Ciamis, api penyebab kebakaran diduga berasal dari tungku api yang masih menyala saa ditinggalkan. Dikabarkan rumah tersebut ditinggalkan pemilik rumah pergi ke sawah.

“Dugaan sementara api merambat dari tungku dan mengenai dinding rumah yang berbahan anyaman bambu (bilik). Korban api yang tidak diketahui pemiliknya menghabiskan perabotan rumah,” jelas Ade Waluya, Ketua TAGANA Kabupaten Ciamis saat di wawancara wartawan, Jum’at, (11/01/2019).

Ade menambahkan, dari pengakuan pemilik rumah, ia mengalami kehilangan persediaan pangan berupa padi dengan berat 1,5 kwintal. Kerugian ditaksir mencapai Jutaan Rupiah.

“Api dapat dipadamkan berkat gotong royong warga sekitar yang mengetahui peristiwa sebelum api kian membesar. Hari ini, warga juga melakukan gotong royong membersihkan sisa kebakaran dan ikut memperbaiki rumah korban dengan bahan baku seadaanya,” tambahnya.

Untuk sementara waktu, keluarga Kusnadi yang berjumlah empat jiwa trsebut terpaksa mengungsi ke rumah saudara dekatnya.

(Helmi Razu Noviansyah/WP)

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.