Presiden Lantik Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

44

wartapriangan.com, BERITA NASIONAL. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya akan melantik Letnan Jenderal Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

“Ya, benar. Doni Monardo dilantik pagi ini sebagai Kepala BNPB oleh presiden,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi pada wartawan, Rabu, 9 Januari 2018.

Doni sejatinya dilantik pada Rabu pekan lalu. Surat undangan telah beredar namun pelantikan ditunda. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan pelantikan ditunda karena masalah administrasi.

Adapun Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah terlebih dahulu ingin merevisi Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2008 tentang BNPB. Dalam beleid yang baru, BNPB nantinya ditempatkan di bawah Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Selama ini lembaga tersebut berada dan bertanggung jawab langsung kepada presiden.

Selain itu, Moeldoko mengatakan revisi Perpres juga bertujuan agar BNPB bisa dijabat oleh prajurit TNI aktif. Ia mengakui revisi Perpres ini diperlukan agar Doni tidak perlu mundur dari TNI.

Sepanjang karier di militer, Doni Monardo pernah menduduki berbagai jabatan strategis. Ia pernah menjadi Pangdam Pattimura, Komandan Kopassus, Komandan Paspampres, dan terakhir menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pertahanan Nasional.

Sumber : tempo.co

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.