Indikator Pendidikan di Ciamis Belum 100%

118

wartapriangan.com, OPINI. Menuntut ilmu itu penting dan diwajibkan oleh agama. Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu. Peribahasa mengatakan bahwa tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Oleh sebab itu, pendidikan merupakan sebuah keniscayaan yang harus diperhatikan oleh kita semua baik ilmu agama maupun ilmu duniawi.

Dalam hal ini, kaitannya dengan ilmu duniawi yaitu penyelengaraan  pendidikan formal. Negara harus menjamin pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 Pasal 31 disebutkan, warga negara berhak mengikuti pendidikan dasar, dan negara wajib membiayai pendidikan dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan sendiri merupakan modal penting pembangunan bangsa. Adapun tujuan pendidikan yaitu menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter. Diharapkan  memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita – cita  dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan. Karena pendidikan itu sendiri  memotivasi  kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Sedangkan  pengertian pendidikan, menurut  UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pada kenyataannya, masih banyak kendala yang menghadang kemajuan pendidikan. Rata-rata tingkat pendidikan tertinggi yang ditamatkan di Indonesia masih rendah. Hal ini terkait masih tingginya angka putus sekolah. Dan masih banyak anak usia sekolah yang tidak melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi.

Indikator Kinerja Pendidikan

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.