Pertanian Masih Penyumbang Terbesar PDRB Ciamis

287

wartapriangan.com, OPINI. Pertanian sampai saat ini masih memiliki peran penting dalam rangkaian pembangunan kehidupan manusia. Bertani memang tidak terlepas dari kehidupan sehari – hari khususnya untuk beberapa wilayah yang memiliki potensi. Kebutuhan pangan hanya dapat terpenuhi dari sektor pertanian.

Pertanian masih sebagai motor penggerak roda perekonomian di sebagian besar Kabupaten. Semaju apa pun suatu wilayah, tetap akan memiliki ketergantungan terhadap pertanian. Begitupun halnya dengan Ciamis, salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yang sebagian besarnya adalah masyarakat tani.

Kabupaten Ciamis memiliki potensi di sektor pertanian yang sangat besar. Selama lima tahun terakhir (2013 – 2017), data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan struktur perekonomian Kabupaten Ciamis didominasi oleh 5 (lima) kategori lapangan usaha, yaitu: Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan; Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil, dan Sepeda Motor; Transportasi dan Pergudangan; Konstruksi; serta Industri Pengolahan.

Data Penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.