Hujan Lebat Akibatkan Bencana di Tasikmalaya

116

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Akibat curah hujan yang terus mengguyur dalam beberapa waktu terakhir di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya, mengakibatkan sedikitnya tiga Kecamatan dilanda banjir bandang. Kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Cipatujah, Kecamatan Karangnuggal, dan Kecamatan Culamega.

Menurut informasi yang himpun Warta Priangan dari Humas Pos SAR Tasikmalaya, banjir bandang tersebut memutus jembatan penghubung antara Desa Cipatujah dengan Desa Ciandum. Selain itu, beberapa rumah milik warga rusak, dan akses jalan lainnya lumpuh akibat longsoran tanah.

“Rencananya kita akan membangun posko evakuasi di dekat Jembatan Ciandum, Cipatujah,” ujar Humas Pos SAR Tasikmalaya, Roni Rohani Efendi.

Berdasarkan data sementara yang diterima, sedikitnya ada 18 rumah rusak dan 52 rumah terendam banjir.

Dandim 0612/Tasikmalaya, Kapolres Kabupaten Tasikmalaya, dan Danlanud meninjau langsung lokasi bencana serta lokasi pengungsian yang berada di dekat Jembatan Ciandum (Foto : Humas BASARNAS Pos Tasikmalaya)

“Jumlah tersebut diambil dari tiga desa di Kecamatan Cipatujah saja. Untuk totalnya tim masih melakukan evakuasi dan pendataan di tempat lainnya,” lanjut Roni kepada Warta Priangan.

Masih menurut Roni, jumlah korban sementara akibat  banjir bandang di wilayah Cipatujah berjumlah enam orang. Empat orang dinyatakan meninggal dunia dan dua orang lagi masih dalam pencarian.

“Kemungkinan masih bisa bertambah. Tim SAR gabungan semaksimal mungkin sedang melakukan pendataan dan akan terus melakukan evakuasi,” tuturnya.

Saat ini, korban yang terkena dampak dari banjir berpindah untuk sementara ke tempat keluarga lain yang lebih aman.

(Helmi Razu Noviansyah/WP)

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.