Sosialisasi & Bedah Soal Tes CPNS 2018 di Ciamis dan Garut, Ikut Yuk!

126

wartapriangan.com, BERITA GARUT. Kabar baik untuk warga Garut dan Ciamis, khususnya bagi mereka yang berencana mengikuti Tes CPNS 2018. Lembaga bimbingan Akses77 akan menggelar Sosialisasi dan Bedah Soal Tes CPNS 2018 di Ciamis dan Garut.

“Tes CPNS selalu menarik minat masyarakat luas. Saat ini sudah resmi dibuka, dan hari ini sudah hari kedua masa pendaftaran. Kami akan menggelar kegiatan sosialisasi dan bedah soal untuk membantu memberikan gambaran tentang Tes CPNS 2018 untuk para peserta tes,” terang Iwan Mulyawan, salah seorang mentor Akses77 kepada wartawan, Kamis (27/09/2018).

Menurut Iwan, tema acara yang akan digelar terfokus pada dua hal, yakni sosialisasi dan bedah soal. Hal ini dikarenakan tes CPNS tahun ini memiliki cukup banyak perbedaan dengan tes CPNS tahun-tahun sebelumnya.

“Ada cukup banyak perbedaan Tes CPNS 2018 dengan tes CPNS sebelumnya. Secara garis besar, perbedaan tersebut ada di dua hal. Pertama, ada penambahan materi ujian. Misalnya, di tes sebelumnya tidak ada tes figural dalam soal Tes Intelegensi Umum (TIU). Nah, tahun ini menurut ketentuan pemerintah pusat, tes figural masuk ke dalam materi TIU. Selain materi, mekanisme juga cukup banyak yang berbeda. Misal, kalau dulu SKB itu masih bersifat opsional, kalau sekarang sudah diwajibkan. Jadi siapapun yang mau jadi CPNS, harus melalui dua tahap seleksi, yakni Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang,” papar Iwan.

Masih menurut Iwan, jadwal kegiatan Sosialisasi dan Bedah Soal Tes CPNS 2018 akan dilangsungkan dalam dua hari yang berbeda. Di Ciamis akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 13 Oktober 2018. Sementara di Garut, akan digelar pada hari Minggu, 14 Oktober 2018.

“Untuk Ciamis tempatnya belum fix. Kita mau lihat seberapa besar potensi peserta, jadi bisa kami sesuaikan dengan kapasitas gedung. Tapi yang pasti di seputaran Ciamis Kota. Kalau di Garut, tempatnya sudah fix di Local Education Center (LEC), gedung LEC ini lokasinya strategis, di depan Terminal Guntur, jadi mudah dijangkau,” tambah Iwan.

Dalam kegiatan Sosialisasi dan Bedah Soal yang akan digelar Akses77 tersebut, peserta akan mendapatkan paparan informasi dan dialog tentang materi apa saja yang akan diujikan dalam Tes CPNS, baik di tahap SKD maupun SKB. Selain materi soal, mekanisme pendaftaran dan seleksi juga akan dijelaskan. Tak hanya itu, Akses77 juga sudah menyiapkan 4 orang mentor andalannya untuk memberikan Tips dan Trik Jitu mengerjakan soal-soal Tes CPNS.

“Ya, nanti ada empat orang mentor kasih tips dan trik. Insya Alloh, setelah mengikuti kegiatan, peserta bukan sekedar lebih memahami mekanisme, tapi juga dibekali dengan tips dan trik. Mentor kami berpengalaman. Misal untuk materi TIU, mentor kami itu juara olimpade guru matematika tingkat nasional. Kami berusaha berikan bekal yang dibutuhkan oleh peserta tes,” ujar Iwan.

Bagi Anda yang berminat mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Bedah Soal Tes CPNS 2018 di Ciamis dan Garut, dapat melakukan pendaftaran via WhatsApp ke nomor 082317399979. Biaya pendaftaran kegiatan ini sebesar Rp. 165 ribu. Pendaftaran akan ditutup secara otomatis ketika jumlah peserta sudah mencukupi daya tampung gedung tempat pelaksanaan. [Helmi Razu/WP]

 

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.