Pemindahan Makam Pahlawan di Pangandaran, Dilaksanakan Pekan Ini

189

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Rencana Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk memindahkan makam pahlawan yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Pangandaran, kembali disosialisasikan.

Dalam sosialisasi yang digelar di Aula Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Senin (24/9/2018) disampaikan, rencananya pemindahan puluhan makam pahlawan ke Taman Makam Pahlawan akan dilaksanakan pada Sabtu 29 September 2018.

Dihadapan masyarakat yang hadir di aula Desa Pananjung, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, menyampaikan, pada dasarnya niat pemerintah ini untuk lebih memberikan penghargaan pada para pahlawan dengan membangun Taman Makam Pahlawan baru yang lebih representatif.

Lokasi Taman Makam Pahlawan yang akan dibangun, jelas Jeje, berada di Dusun Panglengseran, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi. Lokasinya di Jalan utama dan tak jauh dari pusat pemerintahan.

“Untuk kepentingan ini Pemkab Pangandaran sudah mengalokasikan anggaran keseluruhan hampir Rp. 2 milyar, di atas lahan seluas 1,5 hektar,“ kata Bupati.

Pada waktunya nanti, terlebih dahulu akan dilaksanakan prosesi keagamaan dan upacara militer baik saat pelepasan di Kecamatan Pangandaran serta penerimaan di TMP yang baru di Parigi.

Bupati Jeje juga menyampaikan, Pangandaran sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) harus bisa melakukan akselerasi dan terobosan-terobosan dalam membangun daerah.

Konsekwensinya, diperlukan penataan menejemen pemerintahan dan pembangunan di segala sektor.

“Termasuk pemindahan sejumlah makam pahlawan yang akan di pusatkan di Desa Cintakarya merupakan langkah-langkah strategis dalam pembangunan daerah,” kata Bupati lagi.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah mendukung segala arah kebijakannya untuk membangun Pangandaran lebih hebat selaras dengan apa yang diharapkan masyarakat.

Sementara usai pertemuan tersebut, Wakil Bupati Adang Hadari, kepada media mengatakan, Pemkab Pangandaran telah menginfentarisir makam pahlawan yang ada di beberapa kecamatan, karena akan disatukan tempatnya di Taman Makam Pahlawan yang lokasinya beberapa ratus meter dari pusat perkantoran Pemerintahan Kabupaten Pangandaran.

“Jadi nantinya kita tidak bicara lagi per kecamatan tapi tingkat kabupaten,“ jelas Adang.

Pertemuan tersebut dihadiri Forum Komunikasi Daerah, Sekda, Asda, Tokoh Presidium Pemekaran Kabupaten Pangandaran, anggota MUI, anggota DPRD, para camat, kepala desa, para ahli waris makam dan undangan lainnya. (Iwan Mulyadi/WP)

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.