Kapolres Banjar Berikan Pembekalan Pada Babinkamtibmas Tentang Pengawasan Dana Desa

69

wartapriangan.com, BERITA BANJAR. Jajaran Kepolisan Polres Kota Banjar, memberikan pembekalan terhadap para anggota Bhabinkamtibmas yang ditugaskan di wilayah Desa binaannya. Kini para Babinkamtibmas diberi tanggung jawab untuk mengawasi penggunaan anggaran Dana Desa (DD), maupun Alokasi Dana Desa (ADD) di wilayah Kota Banjar.

Hal itu disampaikan Kapolres Kota Banjar, AKBP. Matrius, S.I.K., MH, dalam kegiatan pembekalan dan pemberian arah kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas se-Kota Banjar. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Mapolresta Banjar, Kamis (30/08/2018).

Menurut Kapolres, tugas baru tersebut merupakan amanah dari hasil Memorandum of Understanding (MoU) atau kerja sama antara Kapolri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Menteri Desa (Mendesa) RI.

“Berdasarkan MoU tersebut, maka kami mengambil langkah untuk memberi pemahaman kepada seluruh Bhabinkamtibmas. Agar kedepannyamereka dapat melakukan pengawasan maupun pengendalian terhadap penggunaan anggaran DD dan ADD di Desa binaan mereka masing-masing,” jelas Kapolres.

Slider

Lanjut Kapolres, setiap Bhabinkamtibmas selanjutnya juga harus menyampaikan kepada setiap Kepala Desa terkait MoU itu. Hal itu dilakukan agar Pemerintah Desa tahu bahwa Bhabinkamtibmas pun kini telah bertugas mengawasi penggunaan anggaran DD/ADD.

Sementara itu, Kapolres juga berpesan kepada seluruh Pemerintah Desa diwilayah Kota Banjar, agar dapat melakukan transparansi anggaran. Salah satunya dengan memasang baliho APBDes maupun papan kegiatan disetiap program pembangunan.

“Nantinya, jika ditemukan adanya dugaan penyelewengan anggaran, maka ada mekanisme tertentu. Dimana akan ada langkah terlebih dahulu yang ditempuh Pemerintah Kota Banjar terkait hal itu. Namun, kami berpesan kepada seluruh Pemerintah Desa agar dapat memanfaatkan alokasi anggaran DD dan ADD, sesuai aturan dan program yang sudah disepakati dilingkungan masyarakat Desa masing-masing. Pembangunan juga harus optimal agar nilai anggaran DD dan ADD bisa meningkat setiap tahunnya. Jangan justru dipakai untuk keperluan pribadi maupun kelompok tertentu.” tandasnya

Pembinaan tersebut dihadiri oleh Kapolres Kota Banjar, AKBP. Matrius, S.I.K., MH, Wakapolres Kota Banjar, Kompol Drs. Ade Najmulloh, para pejabat dilingkungan Polres Kota Banjar, 16 anggota Babinkamtibmas Desa se-Kota Banjar, dan Kesbangpolinmas Kota Banjar.

(Baehaki Effendi/WP)

akses bedah soal
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.