Merek Mobil China dan Rusia Bersiap Masuk Indonesia

38

wartapriangan.com, BERITA OTOMOTIF. Merek mobil China dan Rusia dikabarkan berniat masuk Indonesia dan membuat pasar otomotif nasional makin banyak ‘pemain’.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menerima informasi langsung dari merek mobil dari kedua negara. Sayangnya, ia masih merahasiakan identitas detail mereka.

“Sudah ada komunikasi,” ujar Nangoi.

Ia bahkan menjelaskan merek mobil China dan Rusia ini berpotensi masuk ke Indonesia tahun depan. Investasi asing pun bakal mereka gelontorkan.

“Kami harapkan ada investasi masuk. Informasi mengenai mereka mau investasi ada,” tandas Nangoi tanpa memperjelas siapa yang ia maksud.

Kabar teranyar ini membuktikan betapa menggodanya pasar roda empat Tanah Air di mata para pabrikan dunia. Para eksekutif Agen Pemegang Merek (ATPM) mobil yang pernah diwawancarai Mobil123.com selalu mengatakan bahwa potensi Indonesia masih belum tergali dalam.

Mereka mengatakan rasio kepemilikan mobil di  Indonesia masih sekitar 80 unit per 1.000 penduduk. Kemudian, dengan populasi yang seperlimanya China, penjualan mobil negeri ini masih jauh dari seperlimanya ‘Negeri Tirai Bambu’

Dari penelusuran Mobil123.com, penjualan mobil penumpang plus komersial di China mencapai sekitar 28,8 juta unit pada 2017. Sementara itu, di Indonesia, transaksi jual-beli tahun lalu barulah 1,079 juta unit.

Indonesia sendiri sudah kedatangan dua pabrikan mobil China yaitu Wuling dan Dongfeng Sokon (DFSK) dan keduanya membangun pabrik yang beroperasi pada 2017. Wuling resmi memasarkan mobil penumpang mulai Agustus 2017, sedangkan DFSK menyusul mengaspalkan mobil penumpang perdana mereka pada April 2018. [Xan/Ari]

Sumber : Mobil123.com

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.