SD Negeri 2 Sidaharja Ciamis Raih Juara Satu Otrad Bakiak di Jabar

151

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Siapa yang tidak mengenal dengan permainan Tarompah Panjang (Bakiak). Permainan Tradisional yang terbuat dari kayu ini cukup dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia dan kerap dilombakan pada momentum peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara dilembaga Pendidikan Dasar, olahraga ini bisa meningkatkan kemampaun motorik anak, selain itu manfaat yang dirasakan pemain adalah kegembiraan, kualitas kebugaran, dan mendidik anak bersosialisasi, tidak heran jika olahraga Tradisional ini dilombakan mulai antar sekolah dari mulai Tingkat Kecamatan hingga Tingkat Nasional.

Lomba Olahraga Tradisional (Oltrad) jenjang Sekolah Dasar Tingkat Provinsi Jawa Barat, berlangsung di Kabupaten Karawang, pada Rabu (08/08/2018) kemarin, kegiatan yang di gelar oleh Panitia ini salah satunya adalah permainan Tarompah Panjang.

Kabupaten Ciamis, yang menjadi salah satu peserta dalam kegiatan tersebut pun tidak ketinggalan dan ikut serta dalam perlombaan tersebut, dengan mengirimkan kontingen yang terdiri dari 3 orang siswa terbaik atlit Tarompah Panjang, berasal dari SD Negeri 2 Sidaharja, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kegiatan lomba yang berlangsung di Kabupaten Karawang tersebut, membuahkan hasil yang maksimal dengan memperoleh predikat Juara Ke Satu, Atlet Tarompah Panjang, asal Kabupaten Ciamis ini, unggul dalam perlombaan ini.

Melinda, Alma Nuraeni dan Helista adalah ketiga Atlet Tarompah Panjang, yang berasal dari SD Negeri 2 Sidaharja, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang mampu dan bisa membuktikan keberhasilannya dalam Olahraga Tradisional (Otrad) Tingkat Propinsi Jawa Barat, untuk bisa membawa harum nama Kabupaten Ciamis, di Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ditempat terpisah, Guru Penjaskes SD Negeri 2 Sidaharja, Suprayogi, mengatakan bahwa dirinya merasa bangga atas Prestasi yang diraih oleh anak didiknya ini. Hal ini merupakan tolak ukur keberhasilan prestasi unggul dan harus dipertahankan.

Lebih lanjut, Suprayogi mengungkapkan bahwa peserta didiknya telah 3 Tahun berturut-turut memperoleh gelar juara di Tingkat Kabupaten Ciamis, dalam bidang olah raga Tradisional Tarompah Panjang, dan baru kali ini meraih Juara ke satu di Tingkat Propinsi Jawa Barat.

“Alhamdulillah Prestasi Lomba Tarompah Panjang, yang diwakili oleh Siswi dari SD Negeri 2 Sidaharja, dengan menyabet Juara ke 1 di Tingkat Provinsi Jawa Barat ini, merupakan berkah Do’a bersama dari seluruh Steakholder yang telah mendukung kegiatan ini”ujarnya.

Sementara Ketua Ikatan Guru Olah Raga (IGORA) Kecamatan Pamarican, Nanang Sukmana, S.Pd., menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi keberhasilan Siswi SD Negeri 2 Sidaharja, yang telah bisa mengharumkan nama baik Kecamatan Pamarican, dan Kabupaten Ciamis, dalam Lomba Olah Raga Tradisional (Otrad), Tarompah Panjang di Tingkat Propinsi Jawa Barat, dengan meraih Juara ke satu.

“Ini adalah suatu tanda dan ciri, bahwa guru olah raga yang bertugas di SD Negeri 2 Sidaharja ini, berhasil dalam mengajar, sehingga bisa membawa siswa untuk berlomba di Tingkat Propinsi Jawa Barat, dengan keluar sebagai Juara ke satu,”pungkasnya. (Baehaki/WP)

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.