Begini Strategi Pemda Ciamis Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

87

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terus berupaya membuat terobosan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Satu diantara upaya tersebut dengan menyediakan fasilitas perpustakaan keliling untuk daerah yang berjarak cukup jauh.

‘’Kami sudah sediakan tiga armada mobil perpustakaan keliling yang bisa menjangkau daerah yang jauh demi melayani dan memberikan sarana membaca untuk masyarakat,’’ jelas Wiwin, Kabid Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Tak hanya menjangkau daerah yang jauh, pemerintah juga fokus meningkatkan minat baca warga yang tinggal di seputar Kota Ciamis. Menurut Wiwin, bagian kota sudah ditunjang dengan aktifnya Rumah Jamur yang terletak di Alun–Alun Ciamis.

Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis (DIPERPUSKA) Jl. Galuh I No.12 Ciamis (Foto :Helmi Razu Noviansyah/WP)
Slider

“Kita buka pelayanan Rumah Jamur setiap hari Sabtu dan Minggu saat sore hari yang merupakan waktu dimana masyarakat banyak keluar,” terang Wiwin.

Upaya lain yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan memberi kemudahan masyarakat yang ingin meminjam buku koleksinya. “Syarat untuk peminjaman buku yang menjadi hak milik Dinas Perpustakaan cukup mudah dan cepat. Masyarakat hanya cukup membuat kartu anggota di dinas perpustakaan dengan membawa fotokopi kartu keluarga (KK),’’ tambahnya.

Masih menurut Wiwin, pihaknya juga telah melakukan pengembangan perpustakaan pondok pesantren sebanyak 125, perpustakaan taman bacaan sejumlah 35, dan pengembangan 15 menit rindu membaca 35 sekolah. “Jumlah tersebut adalah hasil dari upaya yang akan terus kami tingkatkan dan tambah demi mendorong minat masyarakat dalam membaca,” lanjutnya.

Di ruangan terpisah, Kepala Bidang Layanan, H.Ruslan Efendi mengungkapkan, jumlah yang sudah mendaftar menjadi anggota di Dinas Perpustakaan mencapai 1.021 orang, dengan jumlah kunjungan 22.317 kunjungan per enam bulan. “Anggota didominasi oleh mahasiswa dan pelajar dari tingkat SLTP sampai SLTA,” ungkapnya. (Helmi Razu Noviansyah/WP)

 

 

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.