Wakil Bupati Garut Pimpin Peringatan Hari Lingkungan Hidup

112

wartapriangan.com. BERITA GARUT. Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, selepas memimpin Apel gabungan langsung memimpin Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di halaman kantor Setda, Senin (22/ 7).

wakil bupati Garut membacakan sambutan Menteri Lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) dihadapan peserta Apel gabungan, yang diikuti seluruh SKPD dan pegawai di jajaran Pemkab Garut.

Hari lingkungan hidup yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional sekarang ini, menurut wabup, harus dijadikan momentum. Agar kita semua bisa memperlakukan alam dan kehidupan secara adil. Agar kelak anak cucu bisa tetap melestarikannya.

Ditegaskan Wabup. Perlu adanya upaya bersama semua pihak. Baik pemerintah, masyarakat serta dunia usaha. Untuk mampu mengendalikan sampah plastik. Sebab komposisi sampah plastik di Indonesia sekarang ini mencapai 16% dari total timbunan sampah secara nasional.

Sedangkan komposisi sampah plastik yang ada di kota-kota besar, sudah mencapai 17 %. Sumber utama sampah plastik berasal dari kemasan atau packaging makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya, jelas wabup.

Untuk itu diperlukan kebijakan dan setrategi yang tepat, yang tujuan akhirnya melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan. Salah satu pendekatan dalam pengelolaan sampah berkelanjutan, yakni pendekatan circular economy, melalui program kolaborasi dengan melibatkan semua unsur terkait. (Yayat Ruhiyat/WP)

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.