Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad Ikuti Kegiatan Porseni OMK Kevikepan Mindiptana Papua

40

wartapriangan.com, BERITA NASIONAL. Dalam melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad melakukan pembinaan hubungan dengan masyarakat melalui jalur kegiatan agama.

Kemajemukan yang ada di wilayah Papua, selaras dengan keberagaman latar belakang suku dan agama yang ada di Satuan Yonif 323/BP Kostrad itu juga.

Sehingga dalam menyusun pasukannya, Yonif Raider 323/BP juga menempatkan pejabat Perwira Pembinaan Mental yang mengakomodir kegiatan lintas agama di wilayah penugasan.

Personel Satgas Yonif Raider 323/BP terlibat langsung dalam kegiatan Porseni OMK yang diselenggarakan oleh Kevikepan Mindiptana, Kabupaten Bovendigoel, Papua.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Bovendigoel, Bapak Benidiktus Tambonop, S. STP.

Kegiatan pembukaan itu dilanjutkan dengan missa yang dipimpin oleh 5 orang Pastur dari perwakilan paroki se-wilayah Kabupaten Bovendigoel.

Acara ini semakin meriah karena dihadir oleh perwakilan Gereja-Gereja yang ada di Kabupaten Bovendigoel.

Pembukaan Porseni OMK ini diisi pula dengan kegiatan seminar politik yang dipandu oleh Pastor Selvinus Wuarlele, M. Sc., sharing iman situasi OMK, adorasi sakramen Maha Kudus, malam cahaya, dan pentas seni dan budaya antar paroki.

Kegiatan berikutnya secara rutin diawali dengan missa pagi dan dilanjutkan berbagai perlombaan yang diselenggarakan.

Mata lomba olahraga yang dipertandingkan diantaranya, lomba lari 100 meter, futsal dan voli. Sedangkan dalam bidang seni diperlombakan paduan suara, pembacaan kitab suci, mazmur, vokal grup dan tarian yospan.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP yang secara langsung terlibat dalam berbagai kegiatan di Paroki St. Fransiskus Xaverius Asiki patut berbangga. Pasalnya kontingen yang dibawa berhasil mendapatkan juara umum dalam porseni ini, dengan perolehan 6 emas, 2 perak, dan 2 perunggu dari 12 mata pertandingan yang diselenggarakan.

Menurut Perwira Pembina Mental (Pabintal) Satgas, Lettu Inf Johan Boarmasa, hasil ini adalah bentuk kerja keras para pemuda Paroki St. Fransiskus Xaverius Asiki yang berpadu dengan prajurit Satgas, sehingga melahirkan suatu kerjasama tim yang tangguh.

Ia juga menambahkan, pemuda Asiki memiliki semangat yang luar biasa dan persiapan yang matang.

Komisi Kepemudaan Kevikepan Mindiptana juga memberikan piagam penghargaan atas keterlibatan Satgas Yonif Raider 323/BP dalam kegiatan Porseni OMK tersebut.

Menanggapi pemberian penghargaan tersebut, Dansatgas Yonif Raider 323/BP Kostrad, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M. Si. (Han) menyampaikan ucapan terimakasih atas atensi dari pihak penyelenggara.

“Kami tulus bermasyarakat dengan semua kalangan, jika ada sebuah penghargaan seperti ini akan menambah semangat kami untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat Papua khususnya,” lanjutnya.

Pemberian penghargaan ini adalah yang kedua kalinya, setelah sebelumnya Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad juga telah memperoleh piagam penghargaan dari Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad sebagai satuan yang melaksanakan tugas pembinaan teritorial yang baik di wilayah penugasan.

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.