Kendaraan Pemudik yang Lewati Jalur Ciamis Menurun

347

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Ratusan ribu kendaraan melintasi Jalan Raya Kabupaten Ciamis. Mereka mayoritas adalah pemudik yang hendak menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selama perjalanan mudik lebaran 2018, Posko Pemantau Angkutan Lebaran 2018 Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis hingga Kamis (13/06/2018) tepat pukul 09.00 WIB mencatat 295.681 kendaraan yang melewati jalur utama.

Kendaraan dari arah Barat 45.604 dengan rata-rata 1.900 kendaraan/jam. Dan kendaraan dari arah Timur 28.889 dengan rata-rata 1.200 kendaraan/jam.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Ir. Nana Supriatna, arus mudik didominasi oleh kendaraan roda empat yang mencapai 54% dan mobil pribadi 33%.

“Terhitung menurun dibanding tahun lalu sekitar 1,4% dan mobil pribadi 16%. Puncak arus mudik yang melintasi Kabupaten Ciamis dan kota-kota di Jawa Tengah dan diprediksi akan terjadi pada Rabu 13 Juni 2018¬† atau tiga hingga dua hari menjelang Idul Fitri,” ungkapnya kepada wartapriangan.com.

Masih menurut Nana, jumlah kendaraan pemudik pada Rabu (10/6) yang melewati Kabupaten Ciamis menuju ke Timur memang melonjak. “Kenaikan jumlah kendaraan pemudik bisa terjadi kembali pada Kamis pagi (14/6) karena mempertimbangkan hari libur pegawai swasta. Kalau dari angka-angka bisa dikatakan puncak, tapi kita tidak tahu dua hari berikutnya seperti apa,” lanjutnya.

“Saya menghimbau kepada para pemudik patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, ingat keluarga menanti Anda!” imbaunya.

(Dena A Kurnia/WP)

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.