Kendaraan Pemudik yang Lewati Jalur Ciamis Menurun

0 327

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Ratusan ribu kendaraan melintasi Jalan Raya Kabupaten Ciamis. Mereka mayoritas adalah pemudik yang hendak menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selama perjalanan mudik lebaran 2018, Posko Pemantau Angkutan Lebaran 2018 Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis hingga Kamis (13/06/2018) tepat pukul 09.00 WIB mencatat 295.681 kendaraan yang melewati jalur utama.

Kendaraan dari arah Barat 45.604 dengan rata-rata 1.900 kendaraan/jam. Dan kendaraan dari arah Timur 28.889 dengan rata-rata 1.200 kendaraan/jam.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Ir. Nana Supriatna, arus mudik didominasi oleh kendaraan roda empat yang mencapai 54% dan mobil pribadi 33%.

“Terhitung menurun dibanding tahun lalu sekitar 1,4% dan mobil pribadi 16%. Puncak arus mudik yang melintasi Kabupaten Ciamis dan kota-kota di Jawa Tengah dan diprediksi akan terjadi pada Rabu 13 Juni 2018  atau tiga hingga dua hari menjelang Idul Fitri,” ungkapnya kepada wartapriangan.com.

Masih menurut Nana, jumlah kendaraan pemudik pada Rabu (10/6) yang melewati Kabupaten Ciamis menuju ke Timur memang melonjak. “Kenaikan jumlah kendaraan pemudik bisa terjadi kembali pada Kamis pagi (14/6) karena mempertimbangkan hari libur pegawai swasta. Kalau dari angka-angka bisa dikatakan puncak, tapi kita tidak tahu dua hari berikutnya seperti apa,” lanjutnya.

“Saya menghimbau kepada para pemudik patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, ingat keluarga menanti Anda!” imbaunya.

(Dena A Kurnia/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.