Cara Melacak HP yang Hilang Sekaligus Menghapus Isinya dari Jarak Jauh

388

wartapriangan.com, TEKNOTO. Apa jadinya jika HP kesayangan ternyata hilang atau terselip hingga lupa lokasi penyimpanan terakhir. Jika sudah begini, maka penting artinya anda untuk mengetahui bagaimana caranya menemukan atau melacak HP yang hilang.

Di HP atau ponsel berbasis android, sebenarnya sudah tertanam fitur standar untuk melakukan pelacakan HP yang hilang. Namanya Find My Device atau Temukan Perangkat Saya.

Fitur ini berada di Pengaturan – Keamanan – Google atau Setting – Security – Google Setting.

Slider

Aktifkan fitur ini untuk memastikan bahwa ponsel kamu sudah terkoneksi dengan layanan pelacakan dari google ini.

Apa saja yang harus dilakukan untuk mengatur fitur ini?

  1. Masuk dengan menggunakan akun google kamu. Biasanya akun google ini diatur sejak kamu pertama kali mengaktifkan ponsel. Jadi ketika ingin mengaktifkan fitur Find My Device, kamu tak perlu lagi mengatur akun google. Kecuali jika kamu memiliki lebih dari satu akun sehingga kamu harus memilih akun mana yang ingin digunakan.
  2. Atur GPS ponsel kamu dalam mode akurasi tinggi, sehingga nantinya hasil pelacakan pun akan lebih spesifik dan akurat.
  3. Lakukan pengaturan fitur, dengan cara klik Pengaturan – Keamanan – Google lalu pilih pada bagian ‘Temukan Perangkat Saya’. Pastikan kamu sudah mengaktifkan semua pilihan yang terdapat dalam pengaturan tersebut.
  4. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Find My Device melalui Google Playstore yang bisa diunduh melalui tautan ini
  5. Setelah semuanya selesai, kamu sudah bisa melakukan pelacakan.
  6. Jika ponsel kamu suatu saat hilang, lakukan pelacakan melalui situs https://www.google.com/android/devicemanager. Pastikan kamu sudah masuk ke akun google yang sama dengan yang ada di ponsel kamu.
  7. Jika berhasil masuk, maka layar akan menampilkan informasi merk ponsel kamu, status baterai, dan lokasi dimana ponsel kamu berada.
  8. Kamu bisa melakukan perintah jarak jauh, semisal menghidupkan nada, menghapus data-data penting, mengunci ponsel kamu. Ponsel akan tetap berdering meskipun diatur dalam posisi sunyi, ponsel juga tetap akan mengunci jika dikunci dari jarak jauh. Atau, kamu bisa mengamankan semua data dengan cara menghapusnya sehingga tak jatuh ke tangan pihak yang tak bertanggung jawab.

Sumber: TRIBUNJOGJA.com

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.