KPU Pangandaran Rangkul Awak Media Sosialisasikan Pilgub Jabar 2018

182

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran mengajak para awak media di Pangandaran untuk bersama-sama menciptakan Pilkada 2018 pada 27 Juni 2018 mendatang berlansung kondusif. Hal itu terungkap dalam acara sosialisasi pilkada yang digelar KPU di aula Desa Karangbenda Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Selasa (13/3/2018) siang.

Hadir dalam kesempatan itu puluhan awak media baik cetak maupun elektronik dan dibuka oleh Komisioner KPU Kabupaten Pangandaran Divisi Hukum, SDM,  Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Muhtadin, S.HI dan Divisi Teknis, Perencanaan dan Data Muhamad Habib selaku pemateri.

“Tujuan diadakannya kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2018 ke rekan-rekan media adalah untuk meningkatkan sinergitas atau jalinan kerja sama yang baik di kedua belah pihak, baik KPU sebagai pihak penyelenggara dan rekan-rekan media sebagai pusat penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Mari kita wujudkan pilkada yang berkualitas dan berjalan kondusif, aman dan damai,” ajak Muhtadin, Komisioner KPU Kabupaten Pangandaran Divisi Hukum, SDM,  Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat.

Muhtadin menuturkan, ada lima faktor sukses dalam pelaksanaan pilkada, yakni pihak penyelenggara dari mulai KPU pusat sampai tingkat KPPS, Panwaslu, partai politik, masyarakat, dan juga media. Media sendiri sangat berperan penting dalam penyelenggaraan pemilihan serentak karena merupakan pusat infomasi data yang dikonsumsi masyarakat luas.

“Jika ada salah satu media yang tidak netral atau tidak berimbang penyampaiannya, maka pemilihan pun akan berjalan kurang baik karena masyarakat sangatlah amat bergantung terhadap pemberitaan dari media itu sendiri. Maka dari itu kami berharap agar media dalam penyampaiannya bisa berimbang dan berlaku netral guna menciptakan suasana pilkada serentak tahun 2018 yang damai dan sukses,” ajaknya lagi.

Sementara Muhammad Habib selaku Divisi Teknis, Perencanaan dan Data  membeberkan persiapan KPU Kabupaten Pangandaran dalam menghadapi Pilgub Jabar 2018, di antaranya, memulai tahapan pemutakhiran daftar pemilih, penerimaan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil wakil, penetapan calon dan mempersiapkan keamanan terutama di masa kampanye yang biasanya rawan akan terjadinya potensi konflik.

“Saya berharap pilkada serentak nanti bisa berfungsi sebagai sarana edukasi dan wahana politik bagi masyarakat,” harap Muhamad Habib. (Iwan Mulyadi/WP)

akses bedah soal
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.