Cegah Kebakaran Besar, Perusahaan di Pangandaran Wajib Punya APAR

0 130

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran menghimbau setiap perusahaan dan yang bergerak dalam dunia usaha melengkapi keberadaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  sebagai antisipasi atau pencegahan dini adanya kebakaran.

Manager Pusdalops PB Kabupaten Pangandaran Nana Sukarna menyampaikan, dari beberapa kali kasus kebakaran di Kabupaten Pangandaran, keterlambatan penanganan kebakaran saat api masih kecil, karena ketiadaan APAR.

“Contohnya peristiwa kebakaran yang terjadi di Pabrik minyak kelapa yang berlokasi di Jalan raya Wonoharjo Kecamatan Pangandaran. Disana hanya ada dua apar berukuran kecil dan bahkan isinya kosong,”ungkapnya.

“Kita akan sosialisasikan terus, kita pun menghimbau kepada para pegiat usaha untuk secara bertahap melengkapi adanya Apar, karena ini untuk pencegahan dini,” ujarnya usai melakukan pemadaman kebakaran, di Pangandaran Sabtu (10/3/2018) lalu.

Dia menjelaskan manfaat APAR tersebut sangat besar, terlebih saat ini kepadatan bangunan menjadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran.

“Dengan pencegahan dini diharapkan dapat menekan tingkat kebakaran di Kabupaten Pangandaran. Ketersediaan air yang cukup di satu tempat usaha juga sangat penting,” terangnya.

Diakuinya alat pemadam Apar tersebut tiap setahun sekali harus diperiksa. Ini dilakukan agar APAR tersebut bisa diketahui berfungsi atau tidak.

“Kalau tidak diperiksa, nanti dikhawatirkan APAR tak berfungsi saat digunakan,” tegasnya. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.