Wisata Menyelam Potensial Dikembangkan di Pangandaran

0 136

 

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Barat berharap Kabupaten Pangandaran dapat menjadi basis pengembangan selam bawah laut. Hal tersebut disampaikan Ketua POSSI Jawa Barat Halim Utomo saat berkunjung ke Pangandaran dan bersilaturahmi dengan Bupati Pangandaran di Hotel Horison, Pantai Barat, Pangandaran. Minggu (11/2/2018).

“Kami ingin Pangandaran menjadi basis prestasi untuk selam bawah laut mengingat daerahnya memiliki potensi yang baik untuk pengembangan cabang olahraga selam,” katanya.

Dikatakannya, disamping selam prestasi, POSSI juga sebagai lembaga yang menghimpun kegiatan selam rekreasi dan menjadi tenaga ahli kegiatan penelitian di laut.

Halim mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Pangandaran dalam rangka silaturahmi dan menggali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Pangandaran untuk olahraga selam. “Kami memberikan gambaran potensi olahraga selam prestasi dan rekreasi di Pangandaran,” ujarnya.

Menurutnya, Pangandaran juga memiliki potensi untuk pengembangan wisata bawah air yang bisa menjadi daya tarik wisata. “Sangat baik untuk dikembangkan wisata selam, bisa menjadi destinasi wisata baru di Jawa Barat, bahkan nasional,” ungkapnya.

Dikatakannya, Pangandaran memiliki bentangan laut yang cukup luas dan didukung sarana prasarana yang memadai. “Akses jalan sudah bagus, bandara sudah ada dan banyak fasilitas hotel sehingga tidak sulit untuk mengembangkan wisata laut,” ujarnya.

Dikatakannya, pengembangan wisata bawah laut akan menambah nilai jual Pangandaran yang saat ini memiliki banyak obyek wisata baru. “Pangandaran kami anggap layak untuk pengembangan wisata bawah laut dan juga potensi pengembangan prestasi dicabor selam laut,” ujarnya.

Ia menambahkan, akhir tahun 2018 ini rencananya akan diadakan kegiatan selam bawah air di Pangandaran yang akan diikuti 27 Provinsi se Indonesia.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menyambut baik rencana pengembangan prestasi selam laut dan potensi pengembangan wisata bawah laut di Pangandaran. “Kita punya laut, minimal anak Pangandaran ke depan bisa berprestasi dalam olahraga selam,” ungkapnya.

Ia mengakui, wisata bawah laut saat ini belum digarap secara serius. Bupati pun mengaku senang karena selam ini akan menjadi promosi wisata baru dan menjadi potensi wisata minat khusus. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.