Pembangunan Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Segera Dimulai, Ini Rencana Jadwalnya

0 3.633

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Pemerintah berencana segera merealisasikan pembangunan delapan ruas jalan tol. Dan tahapannya sudah memasuki lelang yang ditargetkan bakal dilelang pada tahun ini. Delapan ruas tol yang akan dilelang itu adalah ruas Semarang-Demak, Jembatan Suramadu (lelang operator dan pemeliharaan), Jalan Tol Lingkar Timur Surabaya, Semanan-Balaraja, Kamal-Teluknaga-Rajeg, Yogyakarta-Bawen, Samarinda-Bontang, dan Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Demikian dikutip detikFinance dari data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Senin (29/1/2018).

Dari data tersebut, sebagian ruas tol tersebut saat ini tengah dalam persiapan lelang. Di antaranya Tol Semarang-Demak yang akan diintegrasikan dengan pembangunan tanggul laut kota Semarang), lalu Jembatan Suramadu (lelang operator dan pemeliharaan), jalan Tol Lingkar Timur Surabaya, Yogyakarta-Bawen dan Samarinda-Bontang.

Sementara sisanya saat ini tengah dievaluasi. Tiga tol yang tengah dievaluasi tersebut merupakan tol prakarsa atau yang diinisiasi langsung oleh Badan Usaha Jalan Tol yang berminat membangun, yakni Tol Semanan-Balaraja yang diprakarsai oleh raksasa properti Grup Alam Sutera, Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg yang diinisiasi oleh Agung Sedayu Grup, dan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang diprakarsai PT Jasa Marga dan perusahaan swasta dari Malaysia, UEM.

Adapun panjang kedelapan jalan tol tersebut seluruhnya mencapai 473,48 km. Jalan Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Bandung-Cilacap menjadi tol terpanjang mencapai 184 km dengan biaya investasi sebesar Rp 47,32 triliun.

Menurut Kepala Panitia Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol BPJT Eka Pria Anas yang dikutip dari berbagai sumber, pembangunan jalan tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap akan dilelang pada mulai dari kuartal kedua hingga keempat tahun ini. “Ruas-ruas tol ini akan dilelang dari pertengahan tahun hingga akhir tahun [2018]”.

Dari berbagai sumber.

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.