Ini yang Harus Dilakukan Saat Gempa Terjadi

0 138

wartapriangan.com,  TIPS. Gempa bumi merupakan gejala alam, berupa guncangan dan getaran tanah yang ditimbulkan adanya patahan atau sesar akibat aktivitas tektonik. Bisa pula terjadi akibat letusan gunung api dan hantaman benda langit.

Saat gempa, sebenarnya apa saja yang bisa dilakukan untuk segera menyelamatkan diri? Laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilisnya melalui Buku Saku “Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana”.

1. Jika berada di dalam rumah maka masuklah ke bawah meja untuk melindungi diri bila tak sempat keluar ke lapangan terbuka. Jika ada kompor yang menyala, segera matikan.

2. Apabila yang merasakan guncangan berada di sekolah, maka lakukan hal yang sama dan berlindung di kolong meja. Jangan berdiri dekat gedung, tiang dan pohon.

3. Di perkantoran dan kawasan industri maka hindari dekat dengan jendela kaca maupun benda-benda dari kaca.

4. Di mal atau gedung bioskop. Jika terasa gempa maka jangan panik karena akan bisa menyebabkan kepanikan orang lain. Berusaha keluar dengan mengikuti instruksi petugas.

5. Jika sedang berada di kereta api maka berpegangan erat pada tiang untuk memastikan tidak terjatuh apabila kereta berhenti mendadak.

Sumber: BMKG

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.