Pilkada Ciamis 2018, Pemantau Independen Mulai Bergerak

0 24

wartapriangan.com, PILKADA CIAMIS. Pelaksanaan Pilkada Ciamis 2018 semakin dekat. Intensitas kegiatan para pegiat politik pun semakin padat. Dari perkembangan yang ada sampai berita ini dibuat, faktanya hanya muncul dua pasang calon. Kondisi head to head ini diprediksi bakal membuat suhu politik di Ciamis kali ini lebih panas dibanding pilkada-pilkada sebelumnya. Organisasi Pemantau Independen pun mulai aktif dan bergerak.

“Banyak analisa kalau head to head itu suhunya pasti panas. Rasanya tak baik juga jika elemen-elemen masyarakat yang ada di Ciamis semuanya terlibat dalam dukungan politis. Tentunya harus ada juga masyarakat yang berdiri bersama penyelenggara pemilu, membantu dan bersinergi demi terciptanya Pilkada Bersih di Kabupaten Ciamis,” papar Andi Nugraha, S.H., Minggu (31/12/2017), beberapa saat setelah dirinya terpilih menjadi Ketua Gerakan Masyarakat untuk Pilkada Bersih [Gerapilih].

Menurut Andi, Gerapilih lahir atas inisiatif beberapa pemuda Ciamis. Mereka berasal dari beberapa latar belakang organisasi berbeda, antara lain unsur Muhamadiyah, HMI, Kontras Ciamis, Pecinta Alam SABUGA, komunitas supporter sepakbola Prajurit Galuh, komunitas Silat Wanoja dan beberapa orang jurnalis aktif di Ciamis. Selain itu, Gerapilih juga mengaku mendapat dorongan dari beberapa ormas besar yang ada di Ciamis serta kalangan Aparatur Sipil Negara.

“Wacananya bergulir cepat sekali. Hanya dua hari, langsung masuk tataran aksi. Kepengurusan sudah terbentuk. Insya Alloh ada dorongan dari beberapa aktifis LSM dan ormas besar, dari kalangan wartawan, bahkan dari lingkungan PNS. Secepatnya kami akan segera silaturahmi ke KPU dan Bawaslu,” terang Andi.

Masih menurut Andi, kegiatan pemantauan yang akan dilakukan oleh Gerapilih akan difokuskan pada beberapa isu yang kerap muncul saat momentum pemilu berlangsung, antara lain: money politic, netralitas Aparatur Sipil Negara, netralitas kepala desa, kegiatan kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon, tim kampanye, hingga pemasangan alat peraga dan dinamika yang tak kalah ramai di dunia maya.

“Strukturnya sudah terpenuhi, kami langsung bagi-bagi job description sore tadi. Dan hari ini akan ada training and sharing dari tim pengkaji untuk membahas hal yang lebih teknis tentang pemantauan,” tambah Andi.

Bagi Gerapilih, adalah hak siapapun saat mereka ingin eksis dalam perhelatan Pilkada Ciamis 2018. Namun tentunya jangan sampai hak-hak politik itu mengotori proses dan kualitas pilkada itu sendiri.

“Siapapun yang mau manggung, yang mau eksis, silahkan. Itu hak politik. Tapi mudah-mudahan semua pihak tetap berpegang teguh pada regulasi yang ada. Biarkan perhelatan ini selesai sampai tuntas. Kami yakin, ketika prosesnya berkualitas, outputnya juga pasti berkualitas. Dan kami sudah sepakat, siapapun yang mencoba mengotori Pilkada Ciamis, akan kami buat dia lelah, siapapun itu!” pungkas Andi.

 

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.