Sederet Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di Ciamis

58

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Seperti halnya di daerah lain, keramaian menjelang tahun baru bakal terjadi di pusat keramaian massa di Ciamis. Pemkab memang tidak menggelar kegiatan khusus, tetapi warga bakal spontan memadati berbagai tempat berkumpulnya massa dan pusat keramaian.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Ciamis Tonton Guntari mengatakan, seperti halnya pergantian tahun sebelumnya, pusat keramaian di wilayah Tatar Galuh Ciamis, di antaranya Alun-alun dan Taman Rafflesia.

Selain itu, Lapangan Lokasana yang jaraknya kurang dari satu kilometer dari pusat kota, kompleks Islamic Center Ciamis, termasuk kawasan Sirkuit BMX di Cigembor.

“Pemerintah dan dinas memang tidak secara resmi menggelar pertunjukan. Akan tetapi, ada beberapa komunitas musik yang bakal tampil di Lapangan Lokasana. Pesta kembang api biasanya juga dilakukan spontan oleh masyarakat,” kata Tonton.

Slider

Lokasi lain yang bakal menjadi titik keramaian lain, kata dia, adalah objek wisata yang ada di wilayah Ciamis utara, di antaranya Situ Panjalu, Lapangan Kawali.

“Kami juga selalu mengimbau agar tidak merayakan tahun baru secara berlebihan, apalagi sampai mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Toto Marwoto menambahkan, agenda tahun baru bakal dipusatkan di Tourist Information Center (TIC) yang berada di kawasan Islamic Center Ciamis. Selain mengumpulkan kalangan seniman, budayawan, dan elemen lain, akan tampil musik gamelan.

“Malam tahun baru tidak sekadar refleksi perjalanan sepanjang tahun, tetapi juga langkah apa yang harus dibenahi agar ke depan lebih baik. Silakan saja warga ikut bergabung menikmati musik tradisional gamelan,” tutur Toto Marwoto.

Sumber: Pikiran Rakyat

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.