Enam Poktan Tembakau di Pangandaran Terima Bantuan Kendaraan Roda Tiga

0 31

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, H. Iwan M Ridwan menghadiri pembinaan dan penyerahan 6 unit kendaraan roda 3 untuk kelompok petani tembakau di Kecamatan Padaherang dan Mangunjaya, Rabu (27/12/2017)

Iwan M Ridwan pada kesempatan ini menyampaikan harus ada konsep yang dibenahi, mulai dari pengembangan benih, pupuk dan pohon tembakau, agar para petani/kelompok petani tembakau bisa mengembangkan hasil tembakaunya lebih baik lagi. “Saat ini para petani tembakau menghadapi masalah, karena jika sedang panen harga tembakau menurun,” ujarnya.

Iwan pun berharap bantuan ini bisa membantu kelompok petani tembakau. Terutama sebagai alat transportasi untuk mengangkut hasil produksi dari lokasi tanam sampai ke rumah atau tempat penjualan.

Menurut Iwan, meningkatkan kualitas bahan baku industri hasil tembakau harus ditempuh dengan usaha-usaha terencana dan terukur.

”Yang meliputi, standardisasi kualitas bahan baku, pembudidayaan bahan baku dengan kadar nikotin rendah, pengembangan sarana laboratorium uji dan pengembangan metode pengujian, penanganan pascapanen, serta penguatan kelembagaan kelompok petani tembakau,” paparnya.

Iwan menjelaskan, bantuan untuk petani tembakau ini ke depan hendaknya dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik.

”Karena yang menerima adalah kelompok, maka harus dimanfaatkan berdasarkan prinsip kebersamaan di dalam kelompok itu. Jangan sampai diklaim sebagai milik pribadi,” pesannya. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.