Sungai di Ciamis Meluap Hingga 4 Meter, Puluhan Rumah Terendam

0 21

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Banjir di Ciamis kembali terjadi pada Selasa malam (14/11/2017). Sungai di Ciamis meluap hingga menyebabakan banjir dan merendam sedikitnya 70 rumah warga.

Informasi dari Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Ciamis, banjir terjadi akibat sungai Cikawasen meluap. Luapan air sungai tersebut bahkan mencapai empat meter.

Masih menurut Satgas PB BPBD Ciamis, awalnya hujan dari Selasa sore terus mengguyur hulu sungai Cikawasen. Debit air yang tinggi menyebabkan sungai yang melintasi Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar tersebut meluap sekira pukul 20.30 WIB dan air baru surut keesokan harinya, Rabu (15/11/2017) pukul 03.00 WIB.

Luapan sungai Cikawasen merendam 40 KK di RT 01 dan 30 KK di RT 03 KK RW 04 Dusun Merjan, Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari. Ketinggian air di wilayah tersebut mencapai sekitar 50 sampai 100 sentimeter.

Banjir akibat luapan sungai Cikawasen tersebut membuat aktivitas warga terganggu. Banjir menyisakan genangan air bercampur lumpur di dalam rumah dan lingkungan permukiman.

“Ini sudah yang keempat kalinya, ini yang paling parah. Menggenang satu jam setengah, sungainya sudah dangkal. Jadi saat hujan deras airnya naik,” terang Ketua RT 01, Tabrono.

Satgas PB BPBD yang terjun ke lokasi pun bergerak cepat. Mereka meninggikan tanggul di RT 01 Rw 04 dan mengungsikan seorang lansia. Satgas pun terjun langsung bersama warga, gotong royong membersihkan lumpur.

Sementara itu di titik yang berbeda masih di wilayah Banjarsari pun terendam banjir. Tepatnya di Dusun Padomasan RT 29 dan RT 30 RW 5 Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari. Yang terdampak banjir adalah 44 KK di RT 30 dan 39 KK di RT 29. (Pujitio/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.