Jenazah Tiba-Tiba Bangun, Puluhan Pelawat Panik

0 103

wartapriangan.com, KISAH KITA. Kisah nyata ini dialami Wowo (40), warga Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Bandung. Peristiwa yang ia ceritakan terjadi sekitar empat bulan lalu, tepatnya bulan Juli 2017. Wowo adalah satu dari puluhan pelawat yang tiba-tiba saja panik karena jenazah tiba-tiba bangun, padahal sudah terbungkus kain kafan.

“Minggu lalu baru natus, jadi ingat lagi kejadian dulu saat meninggalnya,” terang Wowo. Natus adalah istilah orang sunda untuk menyebut sebuah momentum 100 hari pasca meninggalnya seseorang.

Menurut Wowo, ada seorang pria berusia 78 tahun dikabarkan meninggal. Seperti biasa, para tetangga, sanak saudara dan kerabat berdatangan melawat. Seingat Wowo, saat kejadian jenazah tiba-tiba bangun, ada puluhan pelawat yang berada di ruangan tersebut. Sebagian ada yang sedang membaca alquran, ada yang berdo’a, ada juga anggota keluarga yang masih terdengar tersedu.

“Saya sendiri sedang berdoa sambil menundukkan kepala, jadi tidak mengetahui awal kejadiannya. Baru tersadar ketika terdengar beberapa orang takbir,” terang Wowo pada kontributor Warta Priangan di Bandung, Rabu (15/11/2017).

Saat jasad jenazah tiba-tiba bangun, para pelawat kaget. Sebagian di antaranya ada yang terlihat panik dan takut. Menurut Wowo, dia sendiri melihat ada beberapa orang di dalam ruangan itu sempat berdesakan di pintu, meraka sama-sama berusaha keluar lebih dulu dari ruangan. Sebagian lagi ada yang masuk ke ruangan tengah.

“Ya saya juga awalnya kaget. Saya takbir beberapa kali.”

Suasana sempat menjadi riuh. Takbir terus menerus terdengar. Orang-orang yang berada di luar rumah duka juga terdengar bertakbir. Beberapa saat kemudian, beberapa orang dari pihak keluarga terlihat mendekati jenazah yang saat itu berada dalam posisi seperti mau duduk. Satu dua orang mendekati dan memeriksa kondisi jenazah. Sementara puluhan pelawat lainnya masih memilih menjaga jarak.

“Ya sempat kaget semua. Lumayan agak lama juga suasana begitu, sekitar 10-15 menit lah,” ujar Wowo.

Salah seorang sesepuh lingkungan kemudian terdengar berbicara. Ia berusaha menenangkan situasi yang memang terasa lumayan menegangkan. Dari penjelasan sesepuh lingkungan itu, ternyata jenazah tiba-tiba bangun bukan karena hidup lagi atau hal lain yang berbau mistis.

“Mungkin karena sedang dalam situasi duka cita, banyak orang lupa, almarhum itu tubuhnya memang agak bungkuk. Maklum sudah sepuh. Ikatan kain kafan almarhum kemungkinan tidak terlalu kuat, jadi tubuhnya membungkuk. Karena posisi awalnya terlentang, jadi seperti bangun dan mau duduk,” papar Wowo. (Iwan Jack/WP)

Anda punya pengalaman pribadi yang unik? Ayo berbagi kisah, kirim cerita pengalaman pribadi Anda ke email redaksi@wartapriangan.com. Sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi.

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.