Citarum Meluap, Jalan di Kabupaten Bandung Ini Lumpuh Total

0 32

wartapriangan.com, BERITA BANDUNG. Curah hujan yang deras beberapa hari terakhir menyebabkan anak sungai Citarum dan sungai Citarum meluap. Akibatnya, luapan air sungai Citarum merendam ribuan rumah di tiga kecamatan. Tak hanya itu, akses jalan di lokasi banjir pun terputus.

“Kalau hujan deras daerah sini pasti banjir. Tiap tahun terendam. Sudah hampir empat tahun selalu terendam banjir, tapi tidak juga ada penyelesaiannya,” ungkap Febriyani (27) warga Cibadak, Kabupaten Bandung.

Banjir tersebut sedikitnya merendam permukiman warga di Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang. Di Kecamatan Dayeuhkolot banjir merendam 1.559 rumah yang berada di 13 RW, Kecamatan Baleendah 1.700 rumah di 7 RW, dan Kecamatan Bojongsoang 50 rumah di 2 RW. Ketinggian air mencapai 10 sentimeter hingga 1,5 meter.

Luapan sungai Citarum ini juga menggenangi fasilitas umum lainnya. Menurut BPBD Kabupaten Bandung banjir menerjang 10 gedung sekolah, 29 tempat ibadah dan 8 fasilitas umum. Ruas jalan di Jalan Andir Katapang yang menghubungkan ke Kota Bandung dan Jalan Anggadiredja tak luput dari terjangan banjir. Jalan tersebut sempat tidak bisa dilalui kendaraan.

Banjir yang diakibatkan sungai Citarum meluber lantaran tidak dapat menampung air kiriman dari kawasan hulu, Kamis (9/11/2017) malam ini pun membuat warga harus mengungsi. Warga mulai berdatangan ke posko pengungsian di Aula Desa Dayeuhkolot dan Gedung Inkanas Baleendah. (Iwan Jack/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.