Ternyata Posisi Ban Saat Parkir Bisa Membantu Keamanan Kendaraan

0 15

wartapriangan.com, TEKNOTO. Parkir bukan urusan sulit. Memarkir kendaraan bukan pekerjaan susah. Setiap orang pasti faham apa itu parkir. Sebagian di antara kita selama ini meyakini kalau parkir, sebaiknya ban harus lurus. Konon, agar tidak merusak keseimbangan sayap, atau agar posisi ban tetap seimbang. Ternyata, posisi ban saat parkir bisa membantu keamanan kendaraan kita.

Pertama-tama, yang harus diperhatikan saat parkir adalah kemiringan lahan yang akan digunakan untuk parkir. Kemiringan tempat parkir inilah yang menuntut posisi ban harus seperti apa, agar keamanan kendaraan kita terjaga secara maksimal.

Parkir dengan posisi ban lurus adalah parkir paling ideal. Namun tunggu dulu, ternyata posisi ban lurus bisa dikatakan ideal ketika mobil kita parkir di lahan yang datar. Artinya, kalaupun rem tangan kita bermasalah, kita tidak khawatir mobil akan bergerak dikarenakan kemiringan lahan.

Nah, berarti, ketika kita parkir di lahan yang kebetulan menurun, posisi ban lurus justru tidak disarankan. Jika kita di Indonesia kebetulan parkir di jalanan menurun, posisi ban yang aman adalah dibelokkan. Kemana arah beloknya, tergantung di sisi mana kita memarkir mobil kita. Kalau di jalanan yang menurun kita parkir sebelah kiri, tentu saja posisi ban yang aman adalah belok kiri. Terlebih jika di badan jalan tersebut ada trotoar. Begitupun ketika kita kebetulan parkir di sebelah kanan, berarti ban kita sebaiknya dibelokkan ke kanan. Posisi ban ini akan menjaga resiko ketika mobil kita bergerak karena kemiringan lahan. Bayangkan jika ban diposisikan lurus saat parkir di lahan yang menurun. Kalau mobil kita bergerak, pasti meluncur jauh.

Hal yang sama juga bisa dilakukan ketika kita parkir di lahan yang menanjak. Ada baiknya diperhatikan dengan seksama lingkungan sekitar lahan parkir. Apakah lebih aman posisi ban berbelok kanan atau kiri. Intinya, harus ada yang menahan  laju ban ketika hal yang tidak diinginkan terjadi saat mobil kita sedang parkir.

Demikian tips ringan seputar otomotif kali ini. Sukses selalu untuk Anda. (IM/WP)

 

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.