Konferensi AMSI Jabar, Kupas Tuntas Peluang dan Tantangan Media Online

0 21

wartapriangan.com, BERITA BANDUNG. Puluhan jurnalis media online yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Barat, hari ini, Jumat (03/11/2017), menggelar konferensi di Kota Bandung. Dalam Konferwil AMSI Jabar yang pertama tersebut menghadirkan beberapa tokoh media online nasional, antara lain Wenseslaus Manggut, Dwi Eko Lokononto, Ronnny Kusuma dan Ismoko Widjaya.

amsi jabar

“Ada 150 juta orang Indonesia main internet, baru 1/3 yang tergarap. Itu peluang besar kita. Media-media besar saat ini iklannya sudah bukan banner dan artikel. Tantangan kita lebih besar dari itu. Kita harus bisa meyakinkan pengiklan, jika mengiklan di kita itu sangat menguntungkan,” ujar Bang Wen, sapaan akrab Wenseslaus Manggut yang saat ini menjabat Ketua Umum AMSI/CEO Kapanlagi Group sekaligus Pimred Merdeka.com.

“Ada dua hal penting yang harus difahami benar oleh kita sebagai pengelola media online. Karena media online itu bisnis, dua hal yang sangat dijaga adalah content dan kepercayaan publik. Kita ini perusahaan yang sehat, dan publik harus tahu itu,” ujar Dwi Eko Lokononto yang sehari-hari dipanggil  Bang Lucky (CEO BeritaJatim.com).

Fokus pembicaraan Konferwil AMSI Jabar siang ini memang banyak mengupas tentang sisi peluang bisnis, sesuai dengan tema yang diangkat, “Tantangan dan Peluang Media di Era Digital”.

Sementara menurut Bang Rony (Vice President Director CumiCumi.com), strategi bisnis media online harus segmented. Artinya, harus membidik segmen tertentu.

“CumiCumi juga segmented, fokus menggarap selebritis saja, tapi semua sisi selebritis kita garap”.

Hal senada juga disampaikan Bang Is, sapaan akrab Ismoko yang saat ini menjadi Pimpinan Redaksi Dream.co.id. Menurut Bang Is, media harus bisa merangkul komunitas-komunitas khusus. Strategi ini sudah dibuktikan dengan kesuksesan Dream membidik segmen muslim, dengan konten-konten yang inspiratif dan kontemplatif.

“Dan itu efektif, kita sekrang ranking 40-45 di Alexa,” ujar Bang Is.

Konferwil AMSI JABAR yang dilangsungkan di Aula Gedung Pikiran Rakyat tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 21 media online di Jawa Barat. Selain seminar, dalam konferensi ini juga akan dipilih siapa yang akan menjadi Ketua AMSI Jabar. (Senny Apriani/WP)

 

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.