Keren… Dua Piamari di Indonesia Siap Dibangun, Salah Satunya di Pangandaran

0 107

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Dua mega Proyek Integrated Aquarium and Marine Research Institute (Piamari) di Indonesia segera dibangun secara bersamaan. Dua Piamari yang segera dibangun tersebut yang satu dibangun di Morotai di sebuah pulau Halmahera Maluku yang berhadapan dengan Laut Pasifik dan di Pangandaran Jawa Barat yang menghadap ke laut atau Samudera Hindia.

Demikian kata Kepala Pusat Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kelautan dan Perikanan (KP) Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Riyanto Basuki saat melakukan sosialisasi pembangunan Piamari di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran di Parigi, Selasa (31/10/2017) siang tadi.

“Pelaksanaan sosialisasi ini pertanda mulainya pembangunan Piamari di Pangandaran begitu juga dengan waktu yang sama di Morotai,” ungkapnya.

Riyanto mengatakan, pembangunan Piamari yang menghadap dua samudera (Pasifik dan Hindia), memiliki karakteristik yang berbeda. Menurutnya, jika Piamari yang akan dibangun di Morotai menghadap ke Samudera Pasifik memiliki potensi ikan yang banyak, sehingga bisa untuk melakukan penelitian dan riset tentang perikanan.

Sementara apabila Piamari di Pangandaran menghadap ke samudera Hindia, bisa melakukan penelitian atau riset untuk mengetahui potensi bencana tsunami dan gempa.

“Karena Pangandaran berada di daerah lempengan Eurasia, jadi kita bisa melakukan penelitian dan riset tentang tsunami dan gempa termasuk juga dengan peneliti tentang perikanannya,” papar Riyanto yang juga didampingi Pejabat Penanggungjawab Output (PPO) Kelautan dan Perikanan, Ifan Ridlo Suhelmi.

Selain pusat penelitian dan riset, lanjut Riyanto, pembangunan Piamari ini juga bisa digunakan sebagai pusat wisata pendidikan yang dilengkapi dengan akuarium raksasa atau sea word sebagaimana sea word yang ada di Ancol Jakarta.

“Akuarium atau sea word yang nanti akan dibangun di Pangandaran memiliki kapasitas 800 ribu hingga satu juta liter air laut termasuk jenis ikan laut di dalamnya,” ungkapnya, seraya dirinya menambahkan, bahwa pembangunan Piamari secepatnya akan dibangun.

Dengan dibangunnya Piamari di Pangandaran, menurut Riyanto perlu SDM yang sangat banyak, maka kata dia, Pemerintah Kabupaten Pangandaran diharapkan bisa menyediakan SDM yang memiliki latar belakang pendidikan dibidangnya.

“Dengan adanya akuarium raksasa atau sea word ini akan memindahkan sea word di Ancol ke Pangandaran, artinya warga Pangandaran tidak usah jauh-jauh ke Ancol untuk meliat sea word, di Pangandaran pun ada. Juga bisa menjadi keuntungan bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan pariwisata,” pungkasnya. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.