Panwascam se-Kabupaten Pangandaran Ikuti Bimtek, Ini Tujuannya!

79

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pangandaran menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) bagi 30 anggota Panwas Kecamatan (Panwascam) selama tiga hari. Kegiatan tersebut dimulai pada 30 Oktober hingga 1 November 2017, yang diselenggarakan di Ball Room Hotel Grand Mutiara Pantai Barat Pangandaran.

Menurut Ketua Panwaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan, Bimtek Panwascam se-Kabupaten Pangandaran sangat penting, lantaran setelah pelantikan Panwascam, tentu pembekalan dan Bimtek dapat menjadi modal bagi Panwascam untuk bekerja di lapangan.

“Kerjanya seperti apa, dan apa tugas, wewenang serta kewajibannya. Dasar hukumnya apa, bagaimana melakukan pengawasan, termasuk pengawasan itu sendiri maknanya apa, misalnya kegiatan yang menganalisa, mengamati dan mengkaji. Nah itu harus sudah tertanam dalam seorang Panwas,” jelasnya.

Slider

Panwas menurutnya bekerja tentunya dengan dengan berbasis tahapan. Misalnya dalam tahapan pembuatan data pemilih, ada sub tahapannya, yang di antaranya tahapan verifikasi data faktual pemilih.

“Ada yang harus dia awasi berkaitan dengan Data Agregat Kependudukan (DAK2), ada DP4, sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara. Nah ini yang harus dicermati oleh teman-teman Pengawas. Itu tahapan pembuatan data pemilih, belum lagi nanti di tahapan-tahapan lainnya, tahapan pungut hitung kalau kampanye sudah pasti karena locus-nya kan di kecamatan, tempat kejadian kampanye itu di kecamatan,” terangnya.

Beberapa materi pembekalan, lanjutnya, diberikan oleh beberapa nara sumber dari Bawaslu Provinsi Jawa Barat, sebagai bekal untuk panwascam dalam pelaksanaan tugasnya. (Iwan Mulyadi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.