Ini Makna Peringatan Sumpah Pemuda Menurut Bupati Iing

18

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin memimpin apel peringatan Sumpah Pemuda Ke-89 dengan tema ”Pemuda Indonesia Berani Bersatu” yang bertempat di Taman Lokasana, Senin (30/10/2017) pagi, yang di hadiri Unsur Muspida, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekda dan Para pejabat Eselon II dan III serta Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin menjelaskan, bagi para pemuda Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepeduliannya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

“Dengan segala kemajemukan yang kita miliki, Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, yang pada akhirnya berhasil mewujudkan suatu Negara Indonesia yang berdaulat adil dan makmur”ungkapnya.

Sumpah Pemuda lanjutnya, telah membulatkan tekad dan semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai upaya rongrongan terhadap disintegrasi bangsa dengan tekad, NKRI adalah Harga Mati.

Slider

“Kita adalah bangsa yang besar yang memiliki sumber daya alam berlimpah, memiliki sejarah leluhur bangsa yang hebat, kebudayaan yang unggul, masyarakat yang toleran, dan sumber daya manusia yang semakin lama semakin baik,”jelasnya.

Bupati Iing berharap, khususnya para pemuda di Kabupaten Ciamis harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin hari semakin kompetitif.

“Pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global,”tambahnya.

Pemuda yang maju, menurutnya, adalah pemuda yang mampu berfikir positif, yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsanya demi keunggulan dan kegemilangan masa depan. Tidak mudah menyerah, bertanggung jawab dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakatnya dan untuk bangsanya.

“Saya yakin, para pemuda Indonesia akan terus memegang teguh komitmennya untuk selalu menjaga keutuhan bangsa dan Negara, yang di dalam dirinya selalu terpatri jiwa dan semangat nilai-nilai Pancasila, “pungkasnya.

Upacara peringatan sumpah pemuda di ikuti siswa, siswi SMP, SMA, Ormas Pemuda Pancasila, FKPPI, Garuda Putih dan lainnya. (Dena A Kurnia/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.