Ingat! Mulai Besok Bayar Tol Tak Bisa Lagi Pakai Uang Tunai

0 15

wartapriangan.com, BERITA NASIONAL. Mulai besok, Selasa (31/10/2017) semua gerbang tol tidak akan melayani lagi pembayaran secara tunai. Pemerintah secara resmi akan memberlakukan penggunaan uang elektronik di gerbang tol secara penuh.

Hal tersebut  sesuai dengan Pasal 6 ayat 1a Peraturan Menteri PUPR Nomor 16/PRT/M/2017 tentang transaksi tol non tunai di jalan tol, yang menyebutkan penerapan transaksi tol non tunai sepenuhnya di seluruh jalan tol per 31 Oktober 2017.

Mendukung aturan tersebut, semua badan usaha jalan tol (BUJT/operator tol) diminta meningkatkan proporsi gardu tidak terima tunai paling sedikit 60% terhadap total jumlah gardu, paling lambat pada September 2017. Saat ini populasi pengguna pembayaran non-tunai sendiri sudah mencapai sekitar 85 persen di seluruh ruas jalan tol se-Indonesia.

Seiring dengan kebijakan ini, pengguna tol diharapkan bisa melakukan beberapa kebiasaan baru. Misalnya sebelum melakukan perjalanan, pastikan cek kecukupan saldo uang elektronik yang dimiliki. Pasalnya, selain tak semua gerbang tol menyediakan fasilitas top up, pengisian ulang uang elektronik di gerbang tol juga tak disarankan karena bisa menyebabkan macet.

“Top up di gerbang itu dilematis sebetulnya. Itu bisa bikin antrean, padahal tujuan kita buat ngurangin antrean. Tapi kebutuhan yang banyak tadi juga harus kita addressed terutama di masa transisi seperti ini. Sehingga memang kita akan menambah jumlah fasilitas top up tadi, dengan imbauan bahwa untuk top up bukan hanya di jalan tol. Tapi ada juga di luar. Makanya kalau kita kalau mau pergi itu kan mikir dulu, mau lewat mana, pergi ke mana kan mikir dulu. Itu juga satu pilihan,” jelas Herry.

(WP/Berbagai Sumber)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.