Keren… Bonsai Bernilai Ratusan Juta Dipamerkan di Pangandaran

175

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata hadir dan membuka secara resmi Pameran dan Kontes Bonsai yang memperebutkan Piala Bupati Pangandaran, Jumat (27/10/2017) siang tadi. Kegiatan ini digelar di seberang Grand Pangandaran.

Peresmian pembukaan Pameran dan Kontes Bonsai ini dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran Ida Nurlaela  bersama Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata ditandai dengan gunting pita lokasi kontes.

Menurut Ketua Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Pangandaran, Gunawan Wijaya, para peserta pameran dan kontes tanaman bonsai ini datang dari berbagai kabupaten, kota dan Provinsi yang akan berlangsung hingga 29 Oktober 2017 mendatang.

Menurutnya, Jenis pohon yang dibawa para peserta pun beragam. Mulai dari pohon serut, santigi, arabika, waru, sisir, amplas, kawista, iprik, anting putri, mustam, jambu kerikil, hokyantea, ulmus micro dan lain sebagainya. Bentuk pohon bonsai yang dipamerkan juga bermacam-macam.

Ada satu pohon yang mencuri perhatian tim juri maupun para pengunjung. Seperti bonsai dari pohon cemara duri milik Yono SW dari Bandung. Pohon itu mendapat penilaian best show, best in size large, penilaian baik sekali, dan best ten regional.

“Beberapa aspek yang membuat tim juri maupun pengunjung kepincut adalah kematangan, tekstur, posisi batang, ranting, maupun besar kecilnya daun,”jelasnya.

Penancapan bendera Best In Show dan penyerahan Piala penghargaan sendiri, diberikan langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Slider

Saat penyerahan piala, Bupati secara iseng menanyakan berapa harga pohon tersebut jika ada yang membeli. Sang pemilik Yono SW menjawab, bahwa pohon tersebut akan dilepas seharga lebih dari Rp. 100 juta.

“Saya kira dapat Dua juta rupiah,” kata Bupati Jeje berseloroh disambut gelak tawa yang hadir.

Bupati pun mengapresiasi kegiatan ini, karena diikuti dari berbagai daerah, ini akan berdampak pada promosi bidang pariwisata Pangandaran.

“Saya harapkan dan mendukung untuk tahun depan diselenggarakan dalam skala Nasional. Agar pesertanya makin banyak. Kita akan bantu dalam menyiapkan tempat penyelenggaraannya,”kata Bupati.

Sementara Menurut Ketua Pelaksana, Abdi Maliki, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkaian Milangkala ke-5 Kabupaten Pangandaran.

“Antusias dari para penggiat bonsai dari berbagai daerah, pada ajang pameran dan kontes bonsai kali ini luar biasa. Pesertanya mencapai 448 peserta,” ujar Maliki.

Kata Maliki beberapa peserta dari luar Pangandaran berasal dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat, seperti dari Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Bandung, Cianjur dan Bogor.

“Bahkan ada yang dari Jawa Timur seperti dari Madura, Jember, Ponorogo, dan dari Jawa Tengah di antaranya seperti dari Cilacap.” ungkapnya. (Iwan Mulyadi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.