Terkait Semburan Lumpur di Parungponteng, Ini Kata Bupati Tasikmalaya

0 49

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Semburan lumpur di Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya hingga hari ini, Kamis (26/10/2017) masih berlangsung. Bahkan semburan lumpur panas yang berlokasi di Kampung Sindangrasa, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya ini terindikasi meluas.

Terjadinya semburan lumpur diduga dampak pembuatan sumur bor program bantuan kekeringan. Sumur itu ditargetkan memiliki kedalaman 100 meter. Namun baru 5 hari dikerjakan sampai kedalaman 45 m, pada Senin siang (23/10/2017) sekitar pukul 11:00 WIB terjadi semburan setinggi 10 meter berupa air panas bercampur lumpur.

Titik semburan baru bahkan telah muncul. Beberapa orang warga sekitar lokasi juga melaporkan adanya aktifitas gelembung air di kolam milik mereka.

“Ada aktifitas gelembung udara muncul di beberapa kolam warga, seperti menunjukkan aktifitas panas bumi,” terang Ma’mur, salah seorang warga Kampung Sindangrasa.

Selain munculnya fenomena gelembung di beberapa kolam di sekitar lokasi semburan, berdasarkan pantauan ukuran diameter lubang semburan juga terlihat membesar belasan sentimeter. Sementara ketinggian semburan terpantau menurun.

Terkait semburan di Parungponteng tersebut, Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya baru menurunkan tim peneliti dari Provinsi Jawa Barat. Evakuasi warga terdekat juga belum dilakukan menunggu hasil penelitian.

“Kami undang dari provinsi karena keterbatasan alat. Belum ada rencana relokasi nunggu hasil penelitian. Tapi kenyataan itu bahaya atau tidak, kita gak gegabah, kita masih awam sekali. Bau ada ngepul ada tapi gak berbahaya,” jelas Uu Ruzhanul Ulum.

Sejauh ini, hasil penelitian singkat uap yang keluar tidak beracun. Indikasinya hewan di sekitar semburan juga tidak mati meski terdampak uap lumpur panas tersebut.

“Saya heran padahal sumur bor di Tasikmalaya ada banyak. Tapi di situ ketika dibor ada semburan, aneh. Bau tapi tidak berbahaya termasuk hewan peliharaan gak mati,” papar Calon Wakil Gubernur Jawa Barat yang diusung PPP itu.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban semburan lumpur di Parungponteng itu, petugas BPBD Kabupaten Tasikmalaya mulai membuka posko. Petugas kepolisian juga disiagakan di lokasi agar tidak sembarang warga mendekat semburan lumpur tersebut. (Andri Ahmad Fauzi/WP)

Baca juga:

Semburan Lumpur di Tasikmalaya Hari Ini Meluas

Titik Semburan Lumpur Panas di Tasikmalaya Bertambah

Muncul Fenomena Mirip Lumpur Lapindo di Tasikmalaya, Warga Resah

Ternyata Ini Penyebab Semburan Lumpur di Tasikmalaya

Semburan Lumpur Mirip Lapindo Dikabarkan Terjadi di Tasikmalaya

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.