Duh! Lampu Merah di Ciamis Ini Kondisinya Memprihatinkan

0 58

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Lampu merah di Ciamis ini kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal traffic light itu berada di jalur ramai dan keberadaannya sangat vital untuk mengatur lalu lintas.

Kondisi traffic light di Perempatan Pasar Ciamis ini terlihat menjulur ke bawah. Posisi lampu berwarna hijau itu lepas dari dudukannya.

“Kalau kata pedagang di sini dari tadi malam sudah menjulur seperti itu,” ujar Pandi (32), salah seorang warga yang ditemui Warta Priangan, Rabu (25/10/2017).

Setelah dikonfirmasi oleh pihak Warta Priangan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis mengatakan akan langsung meninjau dan melakukan perbaikan terhadap lampu pengatur lalu lintas itu. “Sudah merupakan salah satu tugas kita untuk pemeliharaan fasilitas kelengkapan jalan, di antaranya itu lampu pengatur lalu lintas dan PJU,” terang Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Achmad Yani.

Untuk menjamin lampu rambu lalu lintas dalam keadaan baik, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis rutin melakukan pemeliharaan lampu pengatur lalu lintas tersebut. Pemeliharaan ini selalu diadakan setiap tahun dengan tujuannya untuk kenyamanan dan keamanan pengguna lalu lintas.

“Masa untuk pemeliharaan dari segi lampu biasanya lima tahun sekali. Cuma situasional, kadang-kadang juga dengan getaran lalu lintas mobil, apalagi mobil-mobil besar seperti truk, lama-lama bisa berpengaruh pada sirkuit yang ada di lampu lalu lintas. Terus situasi hujan, hujan terus-terusan terkadang merembes ke dalam lalu konslet,” pungkas Achmad.

Achmad Yani menambahkan, sarana tersebut ada di Jalan Nasional yang harusnya berkaitan dengan pusat atau provinsi. “Tapi kami langsung menangani, masyarakat tahunya hal tersebut menjadi wewenang Dishub Kabupaten. Nantinya kita mengirimkan laporan ke pusat atau provinsi”. (Helmi Razu/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.