Semburan Lumpur di Tasikmalaya Hari Ini Meluas

60

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Semburan lumpur di Tasikmalaya hari ini, Rabu (25/10/2017) dikabarkan meluas. Pemerintah menurunkan tim peneliti ke lokasi. BPBD Kabupaten Tasikmalaya mulai hari ini mendirikan posko di dekat lokasi semburan.

Semburan lumpur panas yang berlokasi di Kampung Sindangrasa, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya ini terindikasi meluas. Setelah kemarin muncul titik semburan yang baru, hari ini beberapa orang warga sekitar lokasi melaporkan adanya aktifitas gelembung air di kolam milik mereka.

“Ada aktifitas gelembung udara muncul di beberapa kolam warga, seperti menunjukkan aktifitas panas bumi,” terang Ma’mur, salah seorang warga Kampung Sindangrasa.

Selain munculnya fenomena gelembung di beberapa kolam di sekitar lokasi semburan, berdasarkan pantauan ukuran diameter lubang semburan juga terlihat membesar belasan sentimeter. Sementara ketinggian semburan terpantau menurun.

Hari ini, semburan lumpur di Tasikmalaya sudah memasuki hari ketiga. Meski terindikasi meluas, namun pemerintah daerah belum mengeluarkan arahan evakuasi untuk warga Kampung Sindangrasa.

semburan lumpur di tasikmalaya

Sejauh pantauan reporter Warta Priangan, baik dari semburan lumpur panas maupun fenomena gelembung di kolam warga tidak tercium bau yang menyengat. Lumpur tersebut juga sementara ini terlihat tidak membahayakan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar lokasi mati.

Slider

Menurut Ma’mur, di lokasi yang sama pernah dilakukan pengeboran, namun tidak mengeluarkan semburan panas seperti sekarang. Lokasi pengeboran ternyata di atas tanah berbatu.

“Dulu pernah ada pengeboran di sini, ada lumpur keluar tapi tidak panas dan tidak menyembur seperti sekarang. Ini gunung berbatu, belum pernah dikeruk sebelumnya,” terang Ma’mur. Warga yang lain memberikan keterangan, batu di sekitar lokasi pengeboran termasuk batu yang bagus untuk batu akik.

Gari polisi telah dipasang di sekitar lokasi semburan. Untuk pemantauan yang lebih intens dan menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, mulai hari ini satgas BPBD Kabupaten Tasikmalaya mendirikan posko di Kampung Sindangrasa. Selain satgas relawan bencana, petugas dari kepolisian dan TNI pun terlihat intens memantau perkembangan yang terjadi. Bahkan, warga dari berbagai daerah pun ada yang menyempatkan berkunjung ke lokasi untuk melihat langsung fenomena semburan lumpur di Tasikmalaya. (Andri/WP)

Baca juga:

Titik Semburan Lumpur Panas di Tasikmalaya Bertambah

Muncul Fenomena Mirip Lumpur Lapindo di Tasikmalaya, Warga Resah

Ternyata Ini Penyebab Semburan Lumpur di Tasikmalaya

Semburan Lumpur Mirip Lapindo Dikabarkan Terjadi di Tasikmalaya

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.