Padokan Seni Sobarnas Akan Menggelar Gebyar Berdaya Budaya di Garut

33

wartapriangan.com. BERITA GARUT. Dalam rangka menyambut Hari Santri dan Sumpah Pemuda, Padepokan Seni Sobarnas Martawijaya dan Komunitas Budaya Posstheatron Kabupaten Garut akan menggelar gebyar berdaya. Acara tersebut rencana akan digelar pada hari Jumat (2/10) di Padepokan Seni Sobarnas, Kampung Tegalsari, Desa Langensari, Tarogong kaler.

Menurut Wawan Somarwan selaku Pupuhu Padepokan, di bulan Oktober ini ada momen penting, yakni Hari Santri Nasional dan hari Sumpah Pemuda. Untuk itu Padepokan mengadakan gelar budaya dalam rangka menyambut kedua hari yang bersejarah tersebut.

Acara yang dikemas dengan ala Jumat Ngaliwet itu nantinya akan dipadukan dengan kegiatan Posstheatron. Sementara pementasan budayanya digelar pada sore hari. Rangkaian dari keseluruhan acara tersebut menurut Wawan diberi nama Gebyar Berdaya Budaya.

Slider

Ditambahkan Wawan, untuk mengadakan kegiatan tersebut, pihaknya menggandeng Lembaga Pendidikan Senibudaya Nusantara (LPSN), Tikar Median Budaya Nusantara (TIKAR), Gerakan Indonesia Kita (GITA), komunitas pemuda pemudi juga para ibu masyarakat Tegalsari dan karang taruna.

Sementara kegiatan yang akan digelarnya nanti antara lain, tasyakur gedong jagat nembrak, pawai lembur, saresehan, pembacaan dan musikalisasi puisi, perlombaan seni budaya, pagelaran seni tradisional dan modern juga lomba panganan khas Langensari.

Sementara seni tradisional yang akan dipagelarkan antara lain arumba wiwaha, marawis sirul arham, tari topeng rampak, terebang beluk, kacapi lawak, terbang sejak.

Kegiatan tersebut akan didukung pula oleh kalangan santri dan pesantren. Selain itu beberapa tokoh budaya juga telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam kegiatan yang akan diselengagarakan pada Jum’at yang akan datang. (Yayat Ruhiyat/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.