4 Langkah Mudah Agar Anak Anda Hobi Membaca

35

wartapriangan.com, OPINI. Sudah banyak sekali hasil riset yang memastikan aktifitas membaca memiliki pengaruh yang positif. Manfaat dari hobi membaca pun diyakini sangat beragam, mulai dari menambah wawasan, mengasah imajinasi, melatih ketajaman analisa, melatih fokus, meningkatkan kinerja memori, dan masih banyak lagi. Namun faktanya, meningkatkan minat baca itu tidak mudah. Meski pemerintah sudah memperkaya program literasi, lengkap dengan dukungan penambahan anggarannya, namun minat baca tidak serta merta meningkat begitu saja. Data UNESCO yang menyebut minat baca di negeri masih berkisar di angka 0,001%. Ini artinya, dari 1000 orang Indonesia, hanya satu orang yang teridentifikasi gemar membaca.

Salah satu yang diyakini banyak pihak adalah, budaya baca harus dikenalkan sedini mungkin. Sedari kecil, anak-anak harus mulai dikenalkan dengan buku. Mereka harus dirangsang untuk terbiasa membaca.

Tapi faktanya, merangsang budaya baca anak juga tidak semudah membalikkan tangan. Tidak cukup hanya dengan belanja buku-buku anak yang harganya relatif mahal. Atau mengajak buah hati kita ke perpustakaan dan taman bacaan. Terlebih, ketimbang buku, hari ini gadget dianggap lebih menarik dibanding buku.

Nah, untuk memulai merangsang minat baca anak, ada empat langkah mudah yang patut dicoba. Beberapa kali metode ini dipraktekkan, dan banyak yang mengaku berhasil. Selain mudah, dari sisi biaya, empat langkah ini relatif lebih murah. Yang dipersyaratkan cuma satu; “ketekunan orang tua”. Berikut keempat langkah mudah agar anak Anda hobi membaca:

Pertama, ajaklah anak Anda bicara. Gali informasi dari buah hati kita. Temukan informasi, hal apa sebenarnya yang sedang menarik bagi perhatian mereka. Misalnya saja: NARUTO.

Kedua, setelah kita tahu anak kita sedang menggandrungi NARUTO, segera lakukan pencarian informasi tentang NARUTO. Cukup browsing 1-2 jam. Banyak sekali materi yang bisa diperoleh. Jangan lupa, pilih-pilih materi NARUTO yang memiliki nilai pendidikan yang baik untuk anak.

Ketiga, segera tulis cerita NARUTO dalam bahasa yang cocok untuk anak Anda, berdasarkan informasi yang Anda peroleh dari hasil browsing. Untuk tahap awal, cukup sekitar 300-400 kata saja. Jangan lupa buat judul yang menarik, misal: “Ini dia ninja terkuat di fim NARUTO”. Jangan lupa, sertakan gambar. Lalu segera print. Berikan pada anak Anda, dan lihat hasilnya.

Keempat, temani anak Anda ketika sedang membaca bahan bacaan buah karya Anda. Rangsang supaya bicara. Gali informasi apa yang selanjutnya ia butuhkan. Saat informasi itu sudah didapat, segera kembali ke langkah pertama.

Kesalahan yang kerap kita lakukan dalam merangsang minat baca anak adalah, kita sering lupa bertanya pada anak kita, materi apa sebenarnya yang sedang menarik bagi mereka. Selamat mencoba!

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.