Mantap! Ciamis Akan Miliki Satu-Satunya RS Orthopedi di Jawa Barat

146

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Ciamis akan menjadi satu-satunya daerah di Jawa Barat yang memiliki rumah sakit khusus tulang. RSOP Ciamis yang tengah dibangun di atas lahan sekitar satu hektar tersebut rencananya akan mulai beroperasi tahun 2018 mendatang.

Sebagai tanda dimulainya pembangunan RS yang direncanakan memiliki 60 ruang rawat inap itu, Bupati Ciamis, H Iing Syam Arifin secara langsung memimpin peletakan batu pertama (ground breaking) RS Orthopedi Ciamis. Acara  ground breaking tersebut digelar Minggu (22/10/2017).

“RS ini merupakan bagian dari RSOP Group Purwokerto. Saya merintis RSOP Purwokerto tahun 2006. Kondisinya perisis RSOP Ciamis ini, di sisi jalur jalan nasional, di sana dekat gerbang masuk Kabupaten Banyumas,” jelas Direktur RSOP Purwokerto dr. H. Iman Solichin Sp. Ot, (K) Spine, di lokasi pembangunan RSOP Ciamis.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin (kiri). dr. H. Iman Solichin Sp. Ot, (K) Spine (kanan)

Ya, letak RSOP Ciamis memang sangat strategis. Berada di jalur nasional yang menghubungan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tepatnya di Jalan Raya Ciamis Banjar, Desa/Kecamatan Cijeungjing, sekitar 50 meter sebelum Gapura Selamat Datang Ciamis, di sebelah kiri jalan.

Slider

RSOP Ciamis ini nantinya merupakan prototype RSOP induknya di Purwokerto, bangunan berlantai tiga dan ada bagian bundarnya. “Pembangunan fisik diperkirakan akan berlangsung selama 1 tahun. Nanti menjelang akhir tahun 2018 diharapkan sudah beroperasi,” ungkap pria kelahiran Ciamis ini.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga mengatakan, nantinya RSOP Ciamis diproyeksikan menjadi rujukan RS khusus tulang untuk wilayah Jawa Barat, terutama di daerah sekutar Ciamis yaitu Banjar, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Kuningan dan Majalengka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar menjelaskan, RS khusus tulang memang sangat diperlukan oleh warga Ciamis. “Kasus kejadian penyakit yang berkaitan dengan tulang dan angka kecelakaan di kita itu cukup tinggi. Jadi memang kita sangat perlu, selama ini biasanya kita rujuk ke Purwkoerto, sekarang dengan adanya RSOP di Ciamis, dari daerah lain yang datang berobat ke kita”.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin mengatakan, dengan dibangunnya RSOP di Ciamis diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan untuk warga. Selama ini pun Pemda Ciamis sudah meningkatkan status 19 puskesmas menjadi puskesmas rawat inap, dari total 37 puskesmas yang ada. Fasilitas di RSU Ciamis juga ditingkatkan, dulu hanya ada 9 kamar VIP tetapi sekarang sudah tersedia 66 kamar VIP. Tahun 2018, RSU  Kawali yang sudah dibangun akan beroperasi dan selanjutnya akan dibangun RSU Banjarsari.

“Bekas RS Nirmala juga akan menjadi RS khusus kanker,” pungkasnya. (Dedi Daryani/WP) 

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.